fbpx

Mama pasti pernah merasakan sensasi payudara kencang seperti kesemutan saat sedang menyusui si Kecil. Itu salah satu tanda Mama mengalami let down reflex (LDR). WebMD menyebutkan LDR bisa memengaruhi aliran ASI lho, Ma. Lalu bagaimana cara untuk merangsang refleks ini? Yuk, kita cari tahu!

Pengertian Let Down Reflex

Let Down Reflex adalah refleks yang terjadi ketika saraf di payudara Mama terangsang karena hisapan bayi dan pelepasan hormon menyusui.

Dilansir dari laman family doctor, let down reflex dapat memicu hormon prolaktin dan oksitosin yang mempengaruhi produksi ASI. Hormon prolaktin bertugas memproduksi ASI, sedangkan hormon oksitosin atau hormon bahagia membuat payudara dapat mengeluarkan ASI.

Kondisi ini membuat aliran ASI keluar lebih banyak dan membuat si Kecil mendapatkan aliran ASI yang lebih deras. Mama bisa merasakan refleks ini saat menyusui si Kecil, Ma…

Yang Perlu Mama Perhatikan Tentang Let Down Reflex

Dilansir dari laman pregnancy birth baby, sebagian besar Ibu menyusui mengalami let down reflex dengan merasakan sensasi kesemutan atau perasaan penuh pada bagian payudara.

Setiap Ibu menyusui bisa mengalami kondisi yang berbeda. Ada sebagian Mama yang tidak merasakannya sama sekali. Hal ini dapat dipengaruhi oleh stres, rasa sakit, dan kelelahan.

Refleks tersebut perlu dijaga dan dipertahankan untuk menjaga produksi ASI. Caranya dengan rajin menyusui si Kecil. Saat ASI mengalir, bayi akan mengisap secara perlahan dan kecil yang lama kelamaan menjadi isapan yang lebih kuat. Sehingga bisa merangsang let down reflex, Ma…

Baca juga: Solusi untuk ASI Tidak Keluar dengan Lancar

Tanda Let Down Reflex 

Inilah beberapa tanda yang menunjukkan Mama sedang mengalami let down reflex, antara lain:

  • Rasa kesemutan yang terjadi pada payudara. Rasa kesemutan tersebut dapat terjadi karena produksi ASI pada tubuh Mama lancar;
  • Payudara yang terasa penuh dan sesak karena produksi ASI Mama yang lancar;
  • ASI yang keluar merembes dari payudara. Mama dapat menggunakan pelapis bra yang dapat menahan ASI yang merembes dari payudara.

Kondisi yang Memengaruhi Let Down Reflex

Let down reflex dapat terjadi pada Mama dalam beberapa kondisi seperti berikut.

  • Saat si Kecil sedang menyusu dan menghisap payudara Mama. Hal tersebut dapat merangsang refleks tersebut sehingga ASI dapat keluar dari payudara Mama dengan lancar;
  • Mama dapat melihat foto, menonton video dan memikirkan si kecil untuk merangsang keluarnya let down reflex;
  • Menggunakan pompa ASI untuk memerah ASI atau dengan menstimulasi payudara dan puting dengan tangan;
  • Saat Mama merasa senang, bahagia, rileks, dan melakukan skin to skin dengan si kecil, let down reflex dapat semakin sering terjadi.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kondisi Mental Ibu Menyusui

Cara Menstimulasi Let Down Reflex

Let down reflex dapat terhambat oleh berbagai hal seperti stres, kelelahan, dan rasa nyeri pada tubuh. Maka dari itu, mama perlu menstimulasinya dengan mencoba beberapa cara berikut:

1. Memastikan pelekatan si Kecil dengan payudara dilakukan dengan benar dan nyaman

Jika pelekatan mulut bayi sudah tepat, maka tubuh Mama dapat memproduksi ASI dengan maksimal sehingga let down reflex dapat terjadi. Tentunya kebutuhan nutrisi si Kecil juga dapat terpenuhi dengan baik.

2. Melakukan kegiatan yang Mama sukai

Suasana hati yang baik dapat memicu hormon oksitosin dan mendorong terjadinya let down reflex, Ma... Jika terjadi rembesan ASI saat Mama melakukan aktivitas yang bikin happy, tandanya refleks tersebut sedang terjadi dan cara tersebut ampuh dilakukan.

3. Mengingat dan melihat si Kecil

Let down reflex dapat terjadi meskipun Mama tidak sedang menyusui si Kecil, lho. Contohnya ketika Mama sedang video call, telepon, atau melihat foto si kecil.

Perasaan bahagia ini dapat menghasilkan hormon oksitosin sehingga menyebabkan ASI mengalir keluar dan kebutuhan nutrisi pada bayi dapat tercukupi.

4. Menjaga agar tubuh Mama tetap terhidrasi

Kunci dari produksi ASI lancar adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh Mama. Maka dari itu selalu penuhi kebutuhan asupan cairan agar Mama tetap terhidrasi ya, Ma…

Nah, itulah penjelasan tentang let down reflex dan bagaimana cara menstimulasinya. Ingat ya, Ma… Hal terpenting adalah perasaan enjoy saat menyusui si Kecil sehingga produksi ASI pun akan lancar. Selamat mengASIhi, Ma…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Too Much Milk and Oversupply. URL: https://www.laleche.org.uk/too-much-milk-and-oversupply/ (diakses 10/10/2023)

2. Breastfeeding: Hints to Help You Get Off to a Good Start. URL: https://familydoctor.org/breastfeeding-hints-to-help-you-get-off-to-a-good-start/amp/ (diakses 10/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.