fbpx

Tahun Baru Imlek adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama masyarakat Tionghoa. Selain meriah dengan dekorasi, pakaian, dan lentera merah, Imlek juga identik dengan berbagai makanan khas imlek untuk keluarga.

Namun, tidak semua makanan Imlek untuk keluarga, aman dikonsumsi oleh Ibu hamil. Ada beberapa makanan Imlek untuk keluarga, yang berbahaya untuk Ibu hamil karena dapat menyebabkan masalah kesehatan. Apa saja makanan imlek untuk keluarga yang sebaiknya dihindari Ibu hamil? Yuk, cek daftarnya di bawah ini, Mam!

4 Makanan Imlek untuk Keluarga yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Inilah beberapa makanan Imlek untuk keluarga yang berbahaya untuk Ibu hamil jika dimakan berlebihan, antara lain:

1. Bakkwa

Bakkwa atau dendeng Cina adalah makanan Imlek yang terbuat dari daging yang dikeringkan dan dibumbui dengan gula, garam, dan rempah-rempah. Makanan khas imlek untuk keluarga ini memiliki rasa yang manis, gurih, dan pedas, serta tekstur yang kenyal dan renyah.

Namun, bakkwa juga mengandung lemak, gula, dan natrium yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, hipertensi, dan preeklamsia pada Ibu hamil jika dimakan berlebihan. Bakkwa juga dapat mengandung bakteri, virus, atau parasit yang dapat menyebabkan infeksi pada Ibu hamil dan janin.

Baca juga: Mengenal Preeklamsia pada Ibu Hamil, Ini Penjelasannya!

2. Kue Keranjang

Kue keranjang terbuat dari tepung ketan, air dan banyak gula. Menurut penelitian, Ibu hamil sebaiknya menghindari atau membatasi makan makanan yang mengandung banyak gula karena dapat meningkatkan risiko diabetes pada Ibu hamil.

Selain itu, makanan khas imlek untuk keluarga ini juga mengandung banyak kalori, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat pada Ibu hamil. Jika Mama ingin mencicipi kue keranjang, disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat terbatas ya, Mam.

3. Yu Sheng

Yu sheng adalah salad khas Imlek yang terdiri dari tujuh jenis sayuran, buah, kacang, dan ikan mentah yang disiram dengan saus manis. Makanan khas imlek untuk keluarga ini memiliki makna simbolis yang berkaitan dengan keberuntungan, kemakmuran, dan kebahagiaan.

Sebuah jurnal penelitian menyebutkan ikan mentah yang digunakan dalam yu sheng dapat mengandung bakteri, virus, atau parasit yang dapat menyebabkan infeksi pada Ibu hamil dan janin. Infeksi ini dapat menyebabkan keracunan makanan, kerusakan otak, keguguran, atau kematian bayi.

Oleh karena itu, Ibu hamil sebaiknya menghindari makan yu sheng saat Imlek. Jika ingin mencicipi yu sheng, disarankan untuk mengganti ikan mentah dengan ikan matang ya, Mam.

4. Perut Babi Panggang

Ibu hamil sebaiknya menghindari makan perut babi panggang saat Imlek karena tidak baik untuk kesehatan. Melansir laman Healthline, perut babi sebagian besar terdiri dari lemak, ukuran porsi ini mengandung hingga 585 kalori, 60 gram lemak total, dan 22 gram lemak jenuh. Tentu ini bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi pada Ibu hamil.

Selain itu, The Prenatal Nutritionist juga menyebutkan perut babi panggang yang kurang matang atau tidak higienis dapat mengandung bakteri salmonella atau toksoplasma yang dapat menyebabkan infeksi serius pada Ibu hamil dan janinInfeksi ini dapat menyebabkan keracunan makanan, kerusakan otak, keguguran, atau kematian bayi

Baca juga: 6 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa makanan Imlek yang sebaiknya dihindari oleh Ibu hamil. Tenang…Mama tetap bisa menikmati perayaan Imlek dengan makanan lain yang sehat dan aman, seperti ikan kukus, sayur tumis, buah-buahan. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek, semoga Mama sehat dan bahagia!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil. URL: https://www.alodokter.com/makanan-yang-harus-dihindari-ibu-hamil (diakses 2/2/2024)

2. 5 Makanan Imlek yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Muda. URL: https://www.popmama.com/pregnancy/first-trimester/nanda-saputri/makanan-imlek-yang-sebaiknya-dihindari-ibu-hamil-muda (diakses 2/2/2024)

3. Fish Consumption During Pregnancy. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7346675/ (diakses 2/2/2024)

4. Impact of Sugary Food Consumption on Pregnancy: A Review. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7700555/ (diakses 2/2/2024)

5. Is It Safe To Eat Meat During Pregnancy? URL: https://www.theprenatalnutritionist.com/is-it-safe-to-eat-meat-during-pregnancy/ (diakses 2/2/2024)

6. Is Pork Belly Healthy? Nutrition, Downsides, and More. URL: https://www.healthline.com/nutrition/pork-belly-nutrition (diakses 2/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.