fbpx

Mama sebagai tempat belajar pertama si Kecil, pasti ingin selalu memberikan yang terbaik, terutama pada masa golden age. Pada masa ini, otak si Kecil seperti spons, menyerap berbagai informasi dan pengalaman yang bisa membentuk kepribadian dan potensi mereka di masa depan.

Oleh karena itu, stimulasi perkembangan anak usia dini itu penting, Mam. Perkembangan anak usia dini adalah proses pertumbuhan dan perubahan yang terjadi pada anak dari lahir hingga usia 8 tahun. Perkembangannya meliputi aspek fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, moral, dan spiritual.

Lalu, apa saja peran Mama dalam perkembangan anak usia dini? Dan apa saja sih manfaat stimulasi untuk anak usia dini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Mam..

Peran Mama dalam Perkembangan Anak Usia Dini

Sebagai tempat belajar pertama si Kecil, inilah beberapa hal yang bisa Mama lakukan dalam perkembangan anak usia dini:

1. Memberikan nutrisi yang seimbang dan lengkap

Pemenuhan nutrisi berperan penting pada tumbuh kembang anak, lho, Mam. Sebuah studi menunjukkan pemberian ASI eksklusif mempengaruhi perkembangan kognitif anak.

Itulah kenapa WHO dan UNICEF memberikan rekomendasi pemberian ASI eksklusif paling sedikit selama 6 bulan, makanan padat diberikan sesudah anak berumur 6 bulan, dan pemberian ASI dilanjutkan hingga berumur 2 tahun.

Mama wajib menyediakan makanan dengan kelengkapan nutrisi, mencakup karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak baik. Salah satu nutrisi yang penting bagi perkembangan dan fungsi otak anak adalah omega-3 dan omega-6. Sumber nutrisi bisa didapatkan dari ikan, seperti salmon, sarden, dan ikan kembung.

Baca juga: Cegah stunting, Inilah Sumber Protein Hewani untuk MPASI!

2. Menstimulasi perkembangan otak dan motorik

Sebagai tempat belajar pertama bagi si Kecil, Mama bisa menstimulasi perkembangan otak dan motorik anak dengan cara memberikan berbagai aktivitas yang sesuai dengan usia dan minatnya.

Misalnya, Mama mengajak si Kecil bermain puzzle, balok, origami, atau lego untuk melatih kemampuan kognitif, kreativitas, dan keterampilan motorik halusnya. Mama juga bisa mengajak si Kecil bermain melempar bola, menendang ke gawang, atau bersepeda untuk melatih kemampuan motorik kasarnya.

Selain itu, Mama juga bisa membacakan buku-buku cerita, dongeng, atau lagu-lagu yang menarik untuk menstimulasi perkembangan bahasa dan seninya.

Baca juga: 10 Tips Mengoptimalkan Perkembangan Otak Si Kecil

3. Membangun ikatan emosional yang kuat

Ikatan emosional antara Mama dan si Kecil bisa memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, sosial, emosional, moral, dan spiritual si Kecil. Ikatan emosional ini juga dapat memberikan rasa aman, nyaman, percaya diri, dan bahagia bagi si Kecil, Mam..

Dilansir dari Halodoc, untuk membangun ikatan emosional yang kuat, Mama bisa memberikan kasih sayang, perhatian, dukungan, dan penghargaan kepada si Kecil. Mama juga dapat berkomunikasi secara terbuka, jujur, dan positif. Selain itu, penting juga mengajarkan anak tentang nilai-nilai moral, agama, dan etika yang baik.

4. Membentuk karakter anak yang baik

Karakter anak dibentuk oleh orang-orang yang dekat dengan mereka dan pengaruh dari lingkungan tempat ia dibesarkan. Oleh karena itu, sebagai tempat belajar pertama anak, Mama memiliki peran yang sangat penting di sini.

Mama dapat membentuk karakter anak dengan cara memberikan teladan yang baik, mengajarkan anak untuk menghargai diri sendiri dan orang lain, mengajarkan anak untuk bertanggung jawab, disiplin, mandiri, dan berani menghadapi tantangan, serta mengajarkan anak untuk bersyukur, berempati, dan toleran.

Menurut penelitian, anak usia dini yang mendapatkan dukungan dan bimbingan dari Mama akan memiliki karakter, kemampuan kognitif, sosial, emosional, dan bahasa yang lebih baik daripada anak yang tidak mendapatkannya.

Manfaat Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini

Memberikan stimulasi adalah salah satu peran Mama sebagai tempat belajar pertama. si Kecil. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa memberikan rangsangan yang sesuai dengan usia, kebutuhan, dan kemampuan anak usia dini bisa berpengaruh pada perkembangannya.

Inilah beberapa manfaat stimulasi perkembangan anak usia dini, diantaranya:

  • Perkembangan otak anak, yang akan memengaruhi kecerdasan, kreativitas, dan kepribadian anak di masa depan.
  • Motorik anak, baik motorik kasar maupun halus, yang akan memengaruhi keterampilan gerak, koordinasi, dan keseimbangan anak.
  • Bahasa dan komunikasi anak, yang akan memengaruhi kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis anak.
  • Kognitif anak, yang akan memengaruhi kemampuan berpikir, memecahkan masalah, mengingat, dan belajar anak.
  • Sosial dan emosional anak, yang akan memengaruhi kemampuan bersosialisasi, berempati, mengungkapkan perasaan, dan mengendalikan emosi anak.
  • Moral dan spiritual anak, yang akan memengaruhi nilai-nilai, norma, etika, dan agama yang dianut anak.
  • Minat, bakat, dan potensi anak, yang akan memengaruhi motivasi, prestasi, dan kepuasan anak dalam belajar dan berkarya.
  • Kesehatan fisik dan mental anak, yang akan memengaruhi kebugaran, imunitas, dan kesejahteraan anak.

Itulah peran Mama sebagai tempat belajar pertama yang berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil. Mama bisa mengintip 12 Ide Aktivitas Bersama Anak yang Bisa Dilakukan Di Rumah untuk inspirasi aktivitas bersama anak ya, Mama..

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearidTikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Perkembangan Anak Usia Dini. URL: https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Paparan%20Perkembangan%20Anak%20Usia%20Dini%20-%20Nurfadillah,_1624864376.pdf (diakses 8/12/2023)

2. Peran Ibu dalam Tumbuh Kembang Anak. URL: https://www.alodokter.com/peran-ibu-dalam-tumbuh-kembang-anak (diakses 8/12/2023)

3. Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. URL: https://www.researchgate.net/publication/340984896_Peran_Keluarga_dalam_Konsep_Psikologi_Perkembangan_Anak_Usia_Dini (diakses 8/12/2023)

4. Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter dan Tumbuh Kembang Anak. URL: https://www.researchgate.net/publication/335772657_PERANAN_ORANG_TUA_DALAM_PEMBENTUKAN_KARAKTER_DAN_TUMBUH_KEMBANG_ANAK (diakses 8/12/2023)

5. Pengaruh Pemberian ASI Terhadap Perkembangan Anak. URL: https://www.academia.edu/36693657/Pengaruh_Pemberian_ASI_Terhadap_Perkembangan_Anak (diakses 8/12/2023)

6. Pentingnya Stimulasi Dini untuk Merangsang Perkembangan Bayi dan Balita Terutama pada Bayi Risiko Tinggi. URL: https://www.researchgate.net/publication/312175081_Pentingnya_Stimulasi_Dini_untuk_Merangsang_Perkembangan_Bayi_dan_Balita_Terutama_pada_Bayi_Risiko_Tinggi (diakses 8/12/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.