fbpx

Meta deskripsi: Melahirkan dengan hypnobirthing, kenapa nggak? Yuk kenali metode hypnobirthing untuk proses persalinan nanti, Mam!

Terdapat banyak metode persalinan yang bisa Mama pilih nanti untuk proses kelahiran Si Kecil. Salah satu metode melahirkan yang tengah digemari para Mama hamil adalah hypnobirthing. Tahukah Mama apa itu hypnobirthing?

Pengertian Hypnobirthing

Hypnobirthing adalah bagian dari metode self-hypnosis atau swasugesti untuk memudahkan para calon Mama melahirkan dengan perasaan yang tenang dan nyaman tanpa perasaan cemas, takut, dan sakit. Teknik yang digunakan dalam hypnobirthing adalah teknik relaksasi, visualisasi, dan swasugesti untuk membantu Mama berfokus dan konsentrasi pada tubuh dan kelahiran calon bayi.

Metode hypnobirthing dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan kelahiran yang cukup mulai dari badan, pikiran, dan jiwa, maka Mama yang didampingi Papa akan sama-sama melalui pengalaman melahirkan yang aman, nyaman, tenang, dan jauh dari rasa takut yang dapat menimbulkan ketegangan dan rasa sakit.

Dilansir dari National Childbirth Trust, hypnobirthing memang mencoba untuk memberikan pandangan positif tentang kelahiran kepada para ibu hamil dan kepercayaan bahwa melahirkan tidak harus merasakan kesakitan. Hal ini karena dipercaya bahwa pengalaman persalinan yang menyakitkan dapat menimbulkan ketegangan, ketakutan, dan kecemasan yang dapat meningkatkan rasa sakit selama proses kelahiran.

Cara Kerja Hypnobirthing

Hypnobirthing berfokus pada persiapan melahirkan untuk para calon Mama dengan melihat gambaran melahirkan dari sudut pandang lain, yang awalnya beranggapan bahwa melahirkan adalah sesuatu yang menyakitkan menjadi sesuatu yang lebih positif. Dasar dari metode hypnobirthing adalah kekuatan sugesti. Proses hypnobirthing dapat menggunakan musik, video, atau kata-kata positif sebagai dukungan guna menuntun pikiran ke arah positif, membuat tubuh menjadi lebih rileks,  mendapatkan ketenangan, dan membantu mengendalikan nafas saat proses persalinan.

Dilansir dari Journal of Maternal and Child Health, teknik yang digunakan dalam metode hypnobirthing seperti meditasi, visualisasi terpandu, pernapasan dalam, dan swasugesti dapat memberikan arahan kepada Mama hamil ke dalam keadaan yang lebih rileks. Teknik-teknik tersebut akan memberikan lebih banyak kepuasan Mama hamil dengan pengalaman kelahiran yang lancar dan nyaman.

Cara Mempelajari Metode Hypnobirthing

Mama bisa mempelajari tentang hypnobirthing dengan membaca buku terkait hal tersebut, mendengarkan podcast tentang hypnosis, dan berlatih metode hypnobirthing dengan mengikuti kelas khusus hypnobirthing saat kandungan Mama memasuki usia 32 minggu. Mama juga dapat mempelajari tentang teknik relaksasi, teknik pernapasan, posisi tubuh saat melahirkan, dan self-hypnosis untuk membantu fokus dan berkonsentrasi penuh pada tubuh Mama dan calon bayi.

Apakah metode hypnobirthing aman untuk dilakukan?

Dilansir dari Alodokter, metode hypnobirthing aman untuk dilakukan selama dokter yang membantu menangani proses persalinan Mama mendukung metode ini sepenuhnya. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi Mama hamil untuk melakukan metode hypnobirthing di rumah sakit selama proses persalinan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika terjadi risiko komplikasi sehingga dapat segera dilakukan tindakan medis oleh dokter.

Melansir dari laporan The Hypnobirthing Institute pada tahun 2011, dinyatakan bahwa Mama hamil yang melakukan hipnoterapi memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menjalani operasi caesar. Self-hypnosis membantu para Mama hamil untuk merasa tenang, percaya diri, dan lebih kuat sebelum dan selama proses persalinan.

Prosedur Metode Hypnobirthing

  1. Mengendalikan Perasaan

Mama bisa mulai mengatur pernapasan dengan 2 cara yaitu dengan menarik napas dalam melalui hidung dan mengeluarkannya lewat mulut, dan dengan menahan napas kemudian menghembuskannya pada hitungan ketujuh. Pengaturan pernapasan bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Fokus pada Pikiran

Mama bisa memutar musik atau video penenang maupun mengucapkan kata-kata positif berulang selama beberapa kali kemudian mulai fokus dan konsentrasi pada musik, video, atau ucapan kata-kata positif. Diharapkan Mama mampu mengelola stres dan rasa sakit yang muncul melalui pengaruh musik, video, atau ucapan kata-kata positif sehingga membuat pikiran Mama menjadi lebih positif selama persalinan.

  1. Menghadirkan Visualisasi

Lalu Mama bisa mencoba menghadirkan gambaran di pikiran yang dapat membuat Mama merasa nyaman seperti membayangkan Mama sedang berada di tempat favorit Mama bersama orang-orang tersayang. Setelah itu, ikuti panduan langkah demi langkah dari dokter atau praktisi yang membantu proses hypnobirthing dan mulai menikmati serta menerima sensasi apapun yang sedang dirasakan.

Manfaat Metode Hypnobirthing

  1. Proses Persalinan Menjadi Lebih Singkat dan Cepat

Teknik hipnosis selama persalinan membantu proses kelahiran menjadi lebih cepat. Metode ini membantu memudahkan proses kelahiran yang dapat mempersingkat fase awal proses pembukaan jalan lahir ketika kontraksi yang dialami Mama hamil menjadi lebih kuat.

  1. Meningkatkan Perasaan Nyaman saat Melahirkan

Saat melahirkan dengan menerapkan self-hypnosis, Mama akan merasakan tubuh lebih rileks dan nyaman. Mama menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan yang Mama miliki untuk menjalani persalinan dengan perasaan yang lebih terkendali serta mengarah kepada pengalaman melahirkan yang lebih positif sehingga ketegangan dan ketakutan yang membayangi selama persalinan menjadi lebih berkurang.

  1. Mengurangi Rasa Sakit saat Melahirkan

Metode hypnobirthing yang dilakukan oleh Mama tidak menggunakan intervensi dan penghilang rasa sakit apapun baik sebelum dan sesudah proses persalinan karena rasa sakit dapat dikelola secara alami saat proses self-hypnosis berlangsung.

  1. Pengalaman Melahirkan Jauh Lebih Positif

Hypnobirthing dapat membantu mengurangi rasa trauma seputar persalinan bagi para Mama baik yang sudah pernah menjalani proses kelahiran maupun yang belum. Pengalaman melahirkan menjadi positif dan jauh dari pemikiran yang menyakitkan. Selain itu, metode ini juga melibatkan peran Papa di dalamnya yang dapat membantu Mama tetap fokus dan tenang saat proses kelahiran.

Kekurangan Metode Hypnobirthing

  1. Membutuhkan Waktu untuk Mempelajari Hypnobirthing

Hal ini karena proses dari metode hypnobirthing tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Mama juga memerlukan waktu untuk berlatih dan menguasai teknik relaksasi, pernapasan, dan self-hypnosis.

  1. Kursus Hypnobirthing Memerlukan Biaya

Mama memang bisa mempelajari metode hypnobirthing melalui buku ataupun podcast. Namun, kunci keberhasilan hypnobirthing secara optimal akan lebih baik jika dibantu oleh pendamping atau praktisi pada kelas kursus hypnobirthing di mana tentu memerlukan biaya lebih.

Mam, itu dia penjelasan mengenai metode hypnobirthing untuk membantu proses persalinan, ya. Mama bisa memilih metode apapun nantinya untuk melahirkan, tetapi yang terpenting adalah keselamatan dan kesehatan Mama dan calon bayi. Jadi, apakah Mama berencana menggunakan metode ini saat melahirkan nanti?

Writer: Fernika Windi

Editor: Mega Pratidina

Source:

Hypnobirthing: where to start | NCT (nct.org.uk)

Tenang Melahirkan dengan Hypnobirthing  (alodokter.com)

Memahami Hypnobirthing, Teknik Persalinan yang Membuat Tubuh Ibu Lebih Rileks (hellosehat.com)

Mengenal Hypnobirthing, Melahirkan Tanpa Rasa Sakit | Orami

Langkah-langkah untuk Self-Hypnobirthing (stikes-aisyiyah-palembang.ac.id)

What is Hypnobirthing? And Should You Try It? – The New York Times

The Hypnobirthing Institute (docs.wixstatic.com)

The Effectiveness of Hypnobirthing in Reducing Anxiety Level During Delivery (thejmch.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.