fbpx

Menyusui adalah hak setiap Ibu menyusui dan bayi, baik di rumah maupun di tempat umum. Namun, tidak semua Ibu menyusui merasa nyaman untuk menyusui di tempat umum karena berbagai alasan, seperti malu, takut, atau khawatir.

Padahal, menyusui di area umum tidak perlu menjadi hal yang merepotkan atau menimbulkan masalah, asalkan Mama mengetahui beberapa trik yang dapat membuat Mama lebih tenang dan percaya diri. Yuk, ikuti beberapa trik berikut ini!

Tips Menyusui di Tempat Umum

Dilansir dari beberapa sumber, inilah beberapa tips menyusui di tempat umum, diantaranya:

1. Pilih pakaian yang sesuai

Salah satu hal yang dapat memudahkan Mama untuk menyusui di area umum adalah memilih pakaian yang sesuai. Pakaian yang sesuai adalah pakaian yang dapat memberikan akses mudah ke payudara tanpa harus membuka seluruh bagian atas. Beberapa pilihan pakaian yang dapat Mama gunakan adalah:

  • Baju khusus menyusui yang memiliki bukaan tersembunyi di bagian dada.
  • Kemeja atau blus dengan kancing depan yang dapat dibuka dari bawah atau dari atas.
  • T-shirt longgar yang dapat diangkat di satu sisi untuk menyusui.
  • Baju dua lapis, bagian dalam menggunakan tank top menyusui dan bagian luar menggunakan kemeja sebagai penutup.

Selain pakaian, Mama juga dapat memilih bra yang sesuai, yaitu bra khusus menyusui yang memiliki cup yang dapat diturunkan dengan satu tangan. Bra ini dapat membantu Mama untuk menyusui tanpa harus melepas bra.

Baca juga: 5 Tips Anti Panik Menyusui Pertama Kali

2. Gunakan penutup yang nyaman

Beberapa Mama mungkin merasa lebih nyaman untuk menggunakan penutup ketika menyusui di area umum.. Penutup ini berfungsi untuk menutupi bagian payudara dan bayi agar tidak terlihat oleh orang lain.

Penutup yang nyaman adalah penutup yang dapat memberikan ruang udara bagi bayi untuk bernapas dan tidak membuat bayi kepanasan. Beberapa pilihan penutup yang dapat ibu gunakan adalah:

  • Nursing cover atau selimut khusus menyusui yang memiliki leher melingkar dan dapat menutupi seluruh bagian depan ibu dan bayi.
  • Selendang atau scarf yang dapat dililitkan di leher dan dilebarkan untuk menutupi payudara dan bayi.
  • Cardigan atau sweater yang dapat dibuka di bagian depan dan digunakan sebagai penutup.
  • Gendongan depan yang dapat menempatkan bayi di dekat payudara dan menutupi bagian yang terlihat.

3. Cari tempat yang tepat

Meskipun Mama berhak untuk menyusui di mana saja, tetapi mencari tempat yang tepat dapat membuat Mama lebih nyaman dan tenang. Tempat yang tepat adalah tempat yang tidak terlalu ramai, bising, atau panas, sehingga bayi dapat menyusu dengan baik dan ibu dapat memiliki privasi.

Beberapa pilihan tempat yang dapat Mama cari adalah:

  • Ruang menyusui yang tersedia di beberapa tempat umum, seperti mall, bandara, atau stasiun.
  • Kursi atau sofa yang terletak di sudut atau di dekat dinding, sehingga Mama dapat menyandarkan punggung dan menutupi sisi yang terlihat.
  • Taman atau area hijau yang memiliki bangku atau tempat duduk yang nyaman dan teduh, sehingga Mama dapat menikmati suasana alam sambil menyusui.
  • Mobil atau kendaraan pribadi yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi Mama dan si Kecil.

Baca juga: Ternyata Ini 8 Tips Bantu Bayi Nggak Rewel Selama Liburan

4. Berusaha tenang

Trik terakhir yang dapat Mama lakukan adalah berusaha bersikap tenang ketika menyusui di tempat umum. Mama tidak perlu merasa malu, takut, atau khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan atau katakan.

Mama dapat menyusui dengan percaya diri dan santai. Alihkan kekhawatiran Mama dengan tersenyum atau menatap si Kecil dengan penuh kasih, sehingga menyusui menjadi momen yang menyenangkan.

Itulah tadi beberapa trik menyusui di tempat umum yang bisa Mama coba. Meski mungkin awalnya Mama merasa tidak nyaman dan khawatir, tetapi prioritasnya tetap mengASIhi si Kecil ya, Mam. Selamat mencoba!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. 6 Trik Menyusui di Tempat Umum. URL: https://www.halodoc.com/artikel/6-trik-menyusui-di-tempat-umum (diaskes 13/2/2024)

2. Breastfeeding in public. URL: https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/breastfeeding/breastfeeding-in-public/ (diaskes 13/2/2024)

3. Breastfeeding in public. URL: https://www.breastfeeding.asn.au/resources/breastfeeding-public (diaskes 13/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.