Moms, Apa sih Hubungan antara ASI dan Menstruasi?

Moms ketika melahirkan ada dua hormon yang akan menurun yaitu hormon progesteron dan esterogen. Dengan menurunnya kedua hormon ini akan memperngaruhi produksi ASI Moms. Tidak hanya itu, Moms akan mendapatkan hambatan dalam siklus menstruansi. Maka dari itu, Moms ASI dan mensturasi ada kaitannya yah.

7 - asi dan menstruasi (1)

Siklus Menstruansi Pada Saat Menyusui

Moms sudah tahu bahwa ASI dan menstruasi masih memiliki keterkaitan satu sama lain. Pada saat permintaan ASI mulai turun, bisa dikarenakan payudara telah penuh ASI yang tidak dikeluarkan akan mempengaruhi hormon progestoren. Hormon progestoren akan meningkat dan hormon prolaktin menurun yang mana mempengaruhi mensturasi.

7 - asi dan menstruasi (2)

Moms perlu garis bawahi bahwa penyebab menstruasi ini dikarenakan produksi ASI yang turun yang menyebabkan menstruasi bukan sebaliknya. Bagaimana sih siklus mentruasi pada saat menyusui bila terjadi permintaan ASI dari bayi yang menurun?

7 - asi dan menstruasi (3)

Moms jangan bingung dengan ASI dan menstruasi. Bila permintaan ASI menurun bisa terjadi siklus menstruasi karena beberapa hal. Contohnya saja ini terjadi karena jam tidur bayi yang mulai sangat panjang (bisa mencapai 4 jam lebih), bayi mendapat makanan lain selain dari ASI, kondisi bayi yang mulai jarang menyusu dan durasinya sangat pendek, dan Moms jarang mengosongkan payudara baik disusukan langsung ataupun diperah.

7 - asi dan menstruasi (4)

Tanda Moms Akan Mengalami Menstruasi

Pada saat Moms akan mengalami masa-masa menstruasi pada saat menyusui. Tanda yang paling sering menonjol terjadi pada Moms yaitu nyeri di area puting payudara. Penyebab nyeri ini dikarenakan perubahan hormon tubuh. Dengan adanya perubahan hormon tentu akan membuat produksi ASI juga menurun. Untuk nyeri di area puting payudara ini hanya terjadi dihari pertama.

Tanda selanjutnya yang akan Moms rasakan ketika mengalami masa mentruasi adalah produksi ASI yang menurun beberapa waktu. Biasanya hal itu akan terjadi saat sebelum dan sesudah Moms menstruasi. Moms, ingin lancar mengeluarkan ASI dari payudara? Moms bisa menggunakan paket-paket minuman pelancar ASI dari Mamabear.

Tanda terakhir yang bisa Moms perhatikan adalah rasa dari ASI yang keluar berbeda dengan sebelumnya. Lho kok tahu rasa ASI bisa berubah? Tidak sedikit si kecil menolak ASI yang berbeda rasanya dari sebelumnya. Jadi, Moms harus memperhatikan hal ini. Ini sangat bagus untuk Moms ketahui agar mengetahui siklus menstruasi yang akan datang.

Kok bisa sih rasa ASI ini berubah? Moms rasa ASI ini bisa berubah karena masa-masa menstruasi. Komposisi dari ASI bisa mengalami perubahan. Perubahan komposisi yang mana saja? Komposisi Natrium serta Klorida meningkat sedangkan Laktosa serta Kalium menurun. Jadi, inilah yang menyebabkan ASI tidak semanis sebelumnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat yah untuk Moms.

Follow Mamabear di Instagram @mamabearcoid untuk berbagai informasi lainnya, ya!