Moms, Apa sih Lip Tied dan Tongue Tied pada bayi?

Moms, saat ini pasti sudah memiliki bayi dan harus memberikannya susu ASI setiap waktu secara berkala. Pada saat Moms akan menyusui bayi dengan ASI, maka ada dua kemungkinan yaitu menyusui secara langsung atau ASIP. Ketika Moms akan memberikan ASI, Apakah   Moms sudah mengetahui lip tied dan tongue tied pada bayi? Apakah bayi Anda mengalaminya?

5 - lip tie dan tongue tie pada bayi 2 (1)-min

Ciri-ciri Bayi yang Mengalami Lip tied dan Tongue tied

Apa Moms pernah merasa bayi pada saat menyusu ada bunyi klik-nya dan susah melekatkan mulutnya dengan payudara saat diberi ASI? Atau, Moms merasa bayi sudah dengan baik meminum ASI tetapi pertumbuhan berat badan sedikit? Mungkin terjadi lip tied atau tongue tied pada bayi.

5 - lip tie dan tongue tie pada bayi 2 (2)-min

Apa itu lip tied dan tongue tied pada bayi? Lip tied terjadi ketika frenulum yang ada di balik bibir bagian atas yang terlalu pendek menyebabkan bayi susah dalam menggerakan bibirnya. Sedangkan, tongue lip adalah saat frenulum yang ada di balik bibir bagian bawah terletak di tengah-tengah berukuran pendek membuat bayi juga susah dalam menggerakkan bibirnya.

Apa saja sih tanda-tanda dari lip tied dan tongue tied pada bayi? Tanda-tanda yang terjadi ketika bayi mengalami lie tie atau tongue tied adalah waktu Anda menyusui maka ada bunyi “klik,” bayi yang baru saja dilahirkan lebih banyak menyusu tetapi tidak ada pertumbuhan cepat di berat badan, dan terlihat lesu seperti tidak pernah menyusu dan sering menangis.

5 - lip tie dan tongue tie pada bayi 2 (5)-min
5 - lip tie dan tongue tie pada bayi 2 (4)-min
5 - lip tie dan tongue tie pada bayi 2 (3)-min

Ada tanda-tanda fisik juga loh Moms terutama pada saat bayi mengalami tongue tied. Tanda-tanda fisik yang akan bisa Moms lihat pada bayi adalah di saat bayi menangis maka posisi lidah tidak terlalu terangkat ke atas, ujung dari lidah anak nampak datar dan melengkung layaknya bentuk hati, dan bagian dari lidah terlihat nampak cekung atau tertarik ke bawah.

Hal yang Akan Dialami Moms Saat Bayi Mengalami Lip tied dan Tongue tied

Pada saat bayi mengalami lip tied dan tongue tied tentu Moms akan merasa tidak nyaman. Ada beberapa hal yang membuat Moms tidak nyaman, karena akan mengalami puting lecet, payudara Moms membengkak, dan produksi ASI turun.

Melihat beberapa hal yang akan dialami oleh Moms, untuk mengatasi hal tersebut maka Moms perlu ke konselor laktasi. Ada kasus yang harus diselesaikan dengan frenotomy (memotong frenulum), ada juga yang tidak. Bila memutuskan untuk tidak frenotomy, Moms masih bisa kok menyusui dengan nyaman dengan nipple shield atau berikan ASIP menggunakan media non-botol.

Tentu, untuk melancarakan ASI, Moms bisa pilih produk Mamabear yang dijamin aman untuk melancarkan ASI. Ada berbagai varian yang bisa dipilih sesuai keinginan Moms seperti teh, kukis dan juga zoya mix.

Follow Mamabear di Instagram @mamabearcoid untuk berbagai informasi lainnya, ya!