Moms, apakah Moms pernah menyimpan ASIP ? Saat memerah ASIP, Moms bisa menggunakan prinsip dasar dalam teknik memerah ASI. Apakah moms tahu ada berapa prinsip dalam memerah ASI? Yuk, pelajari Teknik memerah ASI berikut, Moms!

Prinsip-prinsip dalam memerah ASI payudara

Jadi, dalam memerah ASI Moms harus menerapkan beberapa prinsip. Ada beberapa prinsip yang harus dilakukan diantaranya sebagai berikut:

  • Memakai teknik untuk memeras ASI dari payudara yang nyaman.
  • Memeras ASI menggunakan corong perah yang tepat dan sesuai dengan ukuran.
  • Memeras ASI yang sekiranya cukup dan lanjutkan untuk menyusui secara langsung.

Begitulah Moms 3 prinsip untuk melakukan teknik memerah ASI yang benar. Jadi, dengan menerapkan prinsip ini pastinya memerah ASI akan berjalan dengan lancar.

Teknik-teknik dalam memerah ASI

Moms perlu tahu bahwa dalam teknik memerah ASI ada beberapa macam. Inilah beberapa macam teknik dalam memerah ASI diantaranya sebagai berikut:

6 - Teknik Memerah ASI (4)
  • Regular Pumping

Regular pumping adalah teknik memerah ASI yang bisa Moms gunakan saat ini. Jadi, untuk melakukan teknik ini Anda hanya perlu memerah payudara selama 2 jam sekali dan bisa dilakukan dengan durasi selama 15 menit hingga 20 menit. Ini dilakukan setiap persesi tiap payudara.

6 - Teknik Memerah ASI (3)
  • Power Pumping

Power pumping adalah sebuah teknik memerah ASI dilakukan dengan cara pola menyusu bayi yang sedang growt spurts. Apa itu growt spurts? Growt spurts adalah percepatan pertumbuhan. Jika dibandingkan dengan regular pumping, maka durasi power pumping lebih lama.

Power pumping ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu single pump dan double pump. Jadi, metode single pump ini bisa dilakukan dengan memerah payudara kanan selama 10 menit dan payudara kiri selama 10 menit. Ketika, Moms menggunakan cara double pump maka bisa dilakukan dengan memerah payudara kanan kiri selama 20 menit dan melakukan istirahat selama 10 menit.

6 - Teknik Memerah ASI (2)
  • Cluster Pumping

Jadi, Moms yang sempat mengalami produksi ASI-nya tidak lancar disarankan sekali untuk menggunakan teknik cluster pumping. Cluster pumping ini cocok untuk mengembalikan produksi ASI Moms yang sempat menurun.

Untuk melakukan metode cluster pumping, Moms bisa menentukan jadwal selama 65 menit dan dilakukan secara 2x dalam satu hari. Moms bisa nih mencontoh jadwal yang sudah dibuatkan seperti gambar. Jangan lupa yah Moms, untuk menerapkan teknik yang sesuai dengan kenyamanan Moms.

Agar produksi ASI lebih lancar, Moms bisa mengkonsumsi produk lengkap dari Mamabear. Produk Mamabear semuanya berfungsi untuk melancarkan produksi ASI Moms yang diberikan kepada si kecil tercinta.

Nah, ini dia beberapa tips dari Mamabear, Moms. Semoga bermanfaat ya.
Stay safe and healthy, Moms!  

Follow Mamabear di Instagram @mamabearcoid untuk berbagai informasi lainnya, ya!