Cara Mencairkan ASIP Beku (4)

ASI merupakan makanan yang akan dikonsumsi bayi untuk menutrisi tubuhnya dan akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Moms, pastinya ketika memberikan ASI langsung pasti pernah terbasit untuk menyimpan ASI di dalam kantong dan menjadikannya ASIP beku. Pada saat Moms memilih menjadi ASIP beku, tentu Moms harus tahu cara mencairkan ASIP beku.

Cara Mencairkan ASIP Beku (3)

Cara Mencairkan ASIP Beku yang Benar

Moms, membahas mengenai ASIP beku, tentu Moms harus tahu cara mencairkannya dengan benar. Ada 3 cara untuk mencairkan ASIP beku diantaranya yaitu hanya dibiarkan di lemari dingin, ASIP direndam menggunakan air hangat, dan dialiri dengan air hangat. Moms bisa memilih salah satu diantara ketiganya.

Ketika Moms memilih mencairkan ASIP beku dengan dibiarkan di lemari pendingin gampang saja. Moms cukup memindahkan ASIP beku ke chiller yang sebelumnya disimpan ke dalam freezer. Moms bisa menunggu selama 12-24 jam lamanya. Ketika kondisi ASIP sudah cair sempurna maka keesokan harinya Moms bisa memberikan susunya kepada bayi.

Cara Mencairkan ASIP Beku (1)

Cara mencairkan ASIP selanjutnya selanjutnya yaitu merendamnya ke dalam wadah yang berisi air hangat. Moms pertama-tama bisa menghangatkan air terlebih dahulu dan ketika sudah cukup panas. Cek suhu dari air yang ada di dalam baskom <40oC selanjutnya bisa memasukkan kantong ASIP ke dalam wadahnya. Jangan sampai perapat kantong ASIP terkena rendaman air hangat yah supaya mencegah air masuk ke dalam botol/kantong ASI. Setelah merendam ASIP ke dalam wadah ketika air sudah mulai dingin maka Moms bisa ganti lagi air dengan air hangat. Lakukan ini secara berulang hingga ASIP beku mencair sempurna.

Cara Mencairkan ASIP Beku (2)

Cara mencairkan ASIP beku yang terakhir adalah mengaliri kantong dengan air hangat. Moms di sini perlu keran air di rumah yang bisa berubah-ubah baik dingin atau panas. Pada awalnya, Moms hanya perlu mengalirkan air dingin menggunakan keran selanjutnya Moms bisa merubah sedikit demi sedikit menjadi posisi hangat (bukan panas, ya). Moms bisa melakukannya secara 1-2x agar bisa cair sempurna.

Nah, ini dia beberapa tips dari Mamabear, Moms. Semoga bermanfaat ya.
Stay safe and healthy, Moms!  

Follow Mamabear di Instagram @mamabearcoid untuk berbagai informasi lainnya, ya!