fbpx

Momen menyusui pada tiap Mama tentu melewati banyak drama dan tantangan. Mama apakah pernah mendengar montgomery glands? Sebaiknya Mama perlu tahu istilah ini supaya momen menyusui Mama baik-baik saja hingga 2 tahun kedepan. Yuk, simak terus artikel di bawah ini!

Apa Itu Montgomery Glands?

Montgomery glands adalah kelenjar minyak yang muncul di sekitar area puting berbentuk bulatan-bulatan kecil. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi dan mencegah kuman, serta bakteri dari payudara.

Keberadaan kelenjar ini tidaklah berbahaya karena merupakan bagian dari anatomi payudara. Bulatan kecil ini menyekresi minyak pada saat Mama hamil dan mulai menyusui.

Untuk mengenali kelenjar ini, Mama bisa memperhatikan sekitar areola. Areola merupakan area gelap di sekitar puting. Montgomery glands muncul di area itu atau di putingnya sendiri, berwarna merah muda, merah, putih, atau kekuningan.

Ukuran serta jumlahnya tiap wanita berbeda, Mam. Akan tetapi, umumnya bulatan-bulatan ini hanya memiliki diameter 1-2 mm dan berjumlah 4-28 buah. Satu lagi, Mam, kelenjar ini mungkin bisa tidak terlihat atau tidak terlalu menonjol karena faktor tertentu, seperti suhu dan perubahan hormon.

Bagaimana Montgomery Glands Bisa Terlihat?

Montgomery glands muncul membesar seringkali disebabkan perubahan hormon, terutama selama masa kehamilan, menyusui, pubertas, dan siklus menstruasi karena meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh. Selain itu, penyebab lain kemunculannya membesar disebabkan oleh:

  • Sentuhan

Tekanan dari bra yang ketat atau karena sentuhan gairah dapat membuat kelenjar ini muncul membesar.

  • Suhu Dingin

Penurunan suhu secara tiba-tiba ternyata juga dapat membuat kelenjar minyak ini lebih terlihat.

Peranan Montgomery Glands saat IMD

The Asian parent

Montgomery glands yang muncul selama kehamilan merupakan tanda tubuh bersiap untuk menyusui. Selain itu, puting juga akan lebih gelap dan membesar. Itu semua adalah hal yang wajar terjadi.

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) adalah proses menyusui bayi segera sesaat setelah dilahirkan. IMD sangat berguna untuk Mama yang memberikan ASI eksklusif.

Nah, kemunculan kelenjar ini berguna untuk memperlancar proses menyusui karena kelenjar ini mengeluarkan minyak sebagai antibakteri yang melumasi puting dan sekitarnya. Minyak ini penting untuk melembapkan dan melindungi puting selama Mama menyusui.

Penting bagi Mama selama masa menyusui untuk tidak membersihkan payudara dengan sabun atau desinfektan lain yang dapat membuat puting dan area sekitarnya menjadi kering. Puting yang kering akan menimbulkan rasa sakit ketika menyusui karena tidak lagi ada pelumasnya.

Selain itu, bila Mama membersihkannya dengan sabun, minyak yang dihasilkan oleh kelenjar ini akan hilang dan ASI berisiko terkontaminasi oleh kuman dan bakteri. Dengan begitu, Mama cukup membilas payudara dengan air, lalu mengeringkannya dengan handuk.

Tanda Terjadi Infeksi

Montgomery glands ternyata dapat mengalami infeksi jika tersumbat. Kelenjar ini dapat terinfeksi oleh tangan Mama ketika menyentuhnya, produk perlengkapan mandi, pakaian, atau bahkan mulut si Kecil sendiri saat menyusu. Mama yang mengalami diabetes dan perokok, juga berisiko lebih tinggi mengalami infeksi pada kelenjar ini.

Kista montgomery glands dapat muncul pada remaja, tetapi kista ini tidaklah berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Nah, berikut adalah tanda-tanda Mama mengalami infeksi pada kelenjar minyak ini:

  • Benjolan lunak dan bengkak di bawah areola;
  • Adanya komedo putih pada kelenjar montgomery;
  • Gatal dan kemerahan di sekitar puting dan areola;
  • Keluar cairan berwarna coklat dari kelenjar montgomery atau puting;
  • Demam.

Segeralah pergi ke dokter jika Mama mengalami tanda-tanda infeksi yang telah disebutkan.

Nah, sekarang Mama sudah tahu cukup banyak tentang montgomery glands, bintik mungil yang keren fungsinya dalam proses menyusui. Montgomery glands adalah bentuk luar biasa Tuhan untuk tubuh Mama agar mampu menyusui si Kecil.

Sources:

1. What You Should Know About Montgomery’s Tubercles. URL: https://www.healthline.com/health/montgomerys-tubercles#infection (diakses 18/11/2023)

 2. What Are Montgomery’s Tubercles? URL: https://www.verywellfamily.com/montgomerys-tubercles-2759956 (diakses 18/11/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.