fbpx

Hampir semua Mama merasakan keinginan untuk makan makanan tertentu atau ngidam saat hamil. Sekarang Mama mungkin menginginkan makanan manis seperti coklat. Di lain waktu, Mama juga bisa menginginkan makanan yang gurih seperti keripik kentang atau makanan asam seperti rujak.

Apa ya penyebabnya? Lalu, apakah hal ini normal dan perlu untuk dituruti? Yuk, kita cari tahu jawabannya di bawah ini, Ma.

Apakah Penyebab Ngidam Saat Hamil?

Dilansir dari Healthline, ngidam saat hamil terjadi akibat adanya perubahan hormon. Perubahan ini mempengaruhi kemampuan sensoris Mama dalam merasakan dan mencium makanan, perubahan kebutuhan nutrisi serta perubahan mood Mama. Inilah penjelasannya, Ma…

  • Beberapa Mama menjadi lebih sensitif dengan penciuman, sehingga mempengaruhi jenis makanan yang Mama inginkan. Misalnya, makanan dengan bau sedap dapat meningkatkan nafsu makan;
  • Mama mungkin menginginkan makanan tertentu sebagai comfort food saat menyadari bahwa tubuh Mama mulai berubah saat hamil;
  • Saat hamil, tubuh Mama juga melakukan kerja ekstra untuk menghasilkan lebih banyak darah;
  • Adanya perubahan kebutuhan nutrisi, seperti zat besi dan kalsium. Akibatnya, Mama menginginkan makanan yang banyak mengandung kedua zat tersebut.

Namun, Mama tetap harus memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh ya, Ma, agar semua kebutuhan nutrisi Mama tercukupi dan tetap seimbang.

Baca juga: 5 Makanan Pereda Rasa Mual saat Hamil, Bumil Patut Coba!

Kapan Biasanya Ngidam Saat Hamil Dimulai?

Ibu hamil ngidam biasanya dimulai saat trimester pertama, mengalami puncak pada trimester kedua, dan menurun pada trimester ketiga.

Tetapi, sebagian Mama ada yang mengalami kondisi ini hingga setelah melahirkan. Nggak sedikit Mama yang ngidam sepanjang kehamilan. Hihihi, jadi bisa makan banyak variasi makanan ya, Ma.

Apa Makanan yang Paling Umum Diidamkan Mama Saat Hamil?

Makanan yang umum diinginkan Mama saat hamil adalah rujak, roti, es krim, buah-buahan, jus buah, sayuran. Sebenarnya yang diidamkan tiap Ibu hamil bisa berbeda-beda dan bervariasi, mulai makanan manis seperti coklat hingga makanan dengan karbohidrat tinggi seperti pizza.

Uniknya, Mama juga bisa menginginkan kombinasi makanan aneh seperti pizza dan coklat di saat yang bersamaan, lho. Kombinasi makanan aneh ini dipengaruhi oleh perubahan sensoris pada taste buds dan indra penciuman.

Baca juga: 6 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Apakah Ngidam Saat Hamil Harus Selalu Dipenuhi?

Ngidam tidak harus selalu dituruti, ya, Ma. Mama tetap perlu berhati-hati dalam mengelola nafsu makan dan mengatur asupan nutrisi yang Mama konsumsi selama hamil. Mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan Mama dan si Kecil dalam kandungan.

Selain itu, tidak semua makanan yang diidamkan saat hamil tergolong sehat dan bernutrisi. Inilah mengapa penting bagi Mama untuk tetap selektif memilih makanan.

Hal ini bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan dan tekanan darah Mama jika Mama terlalu sering menuruti keinginan ngidam, terutama makanan yang kurang bernutrisi. Kedua kondisi ini dapat meningkatkan risiko diabetes dan hipertensi selama kehamilan, Ma…

Adakah Ngidam Saat Hamil yang Tidak Boleh Dipenuhi?

Selama tidak berlebihan dan tidak membahayakan kesehatan, Mama boleh saja menuruti ngidam saat hamil. Namun, jika Mama ngidam hal-hal yang tidak bisa dimakan seperti pasta gigi, kapur dan plastisin, tentu saja tidak boleh dituruti. Kondisi ini dikenal sebagai pica craving.

Selain pica craving, Mama juga sebaiknya tidak menuruti ngidam seperti sushi dengan daging ikan mentah, sashimi, telur mentah, dan alkohol yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti listeria atau toxoplasmosis.

Untuk menghindari ngidam yang berlebihan, MamaBear punya beberapa tips nih…

  • Makanlah tepat waktu dengan porsi yang tepat untuk mencegah timbulnya rasa lapar tiba-tiba;
  • Mama sebaiknya menghindari berbelanja atau membeli makanan saat sedang lapar;
  • Mama dapat membuat persediaan camilan sehat yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil;
  • Pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah agar Mama merasa kenyang lebih lama, seperti roti gandum dan kacang-kacangan.

Kapan Mama Perlu Berkonsultasi Pada Dokter Mengenai Ngidam Saat Hamil?

Segera kunjungi dokter apabila Mama merasakan pica craving seperti ingin memakan pasir, sabun, atau hal-hal lain yang dapat membahayakan kesehatan Mama. Mama juga dapat berkonsultasi mengenai keinginan untuk meminum alkohol atau merokok.

Dokter akan memastikan agar Mama selalu mendapatkan asupan gizi yang baik dan cukup tanpa membahayakan kesehatan Mama dan si Kecil.

Baca juga: Postpartum Depression, Depresi pada Ibu Baru Melahirkan

Itulah tadi hal-hal yang perlu Mama ketahui tentang ngidam saat hamil. Nah, makanan apa yang paling Mama idamkan saat hamil?

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. When Do Pregnancy Cravings Start? URL: healthline.com/health/pregnancy/when-do-cravings-start#_noHeaderPrefixedContent (diakses 09/10/2023)

2. Food cravings during pregnancy. URL: pregnancybirthbaby.org.au/food-cravings-during-pregnancy (diakses 09/10/2023)

3. Serba-serbi Ngidam Saat Hamil yang Perlu Ibu Ketahui. URL: hellosehat.com/kehamilan/kandungan/kapan-ngidam-saat-hamil-terjadi/ (diakses 09/10/2023)

4. What To Know About Pregnancy Cravings. URL: verywellfamily.com/pregnancy-cravings-5069392 (diakses 09/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.