fbpx

Menyusui saat bayi mulai tumbuh gigi tentunya bukan perkara mudah ya, Mama. Sebenarnya, bayi menggigit ketika menyusu saat mulai tumbuh gigi, bukan tanpa alasan, loh. Sering kali bayi suka menggigit sesuatu untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri pada gusinya, akibatnya puting Mama pun kadang jadi sasaran, deh. “Gigitan” si kecil pun kadang membuat puting jadi lecet dan terasa sakit.

Nah, gimana caranya agar Mama tetap bisa menyusui dengan nyaman ketika bayi mulai tumbuh gigi? Coba dulu yuk tips-tips berikut ini.

Berikan Teether / Es Loli ASI Sebelum Bayi Menyusu

Mama bisa memberikan teether untuk mengurangi gatal gusi ketika si kecil mulai tumbuh gigi. Mendinginkan teether di kulkas terlebih dahulu juga membantu meredakan rasa nyeri dan bengkak ketika si kecil tumbuh gigi. Sebagai alternatif, Mama juga bisa coba membuat es loli dari ASI. Menggigit sesuatu yang dingin akan membantu si kecil meredakan nyeri gusinya, PLUS si kecil sekaligus “ngemil”-in ASI. Dengan begitu, Mama bisa menyusui bayi yang tumbuh gigi dengan lebih nyaman dan terhindar dari risiko bayi menggigit puting Mama.

Pijat Lembut Bagian Gusi yang Akan Tumbuh Gigi

Nyaman menyusui saat bayi mulai tumbuh gigi bisa juga dilakukan dengan memberi pijatan lembut pada gusinya. Gunakan handuk bersih / kain kasa steril yang sudah dibasahi dengan air dingin terlebih dulu, guna meredakan rasa gatal atau nyeri pada bagian gusi yang akan tumbuh gigi. Pastikan Mama sudah mencuci tangan sebelum memberi pijatan lembut di gusi si kecil, ya!

Menyusui dengan Posisi yang Nyaman

Umumnya, gigi pertama bayi muncul di usia 6 – 12 bulan. Di usia tersebut tentunya bayi juga sudah aktif bergerak, termasuk saat menyusu. Oleh karenanya, agar Mama dan si kecil tetap nyaman selama aktivitas menyusui berlangsung, pilih posisi yang tepat. Untuk diingat juga, pelekatan yang kurang pas justru akan memicu bayi untuk menggigit puting Mama. 

Gimana Kalau Sudah Terlanjur Digigit?

Kalau si kecil terlanjur menggigit puting Mama saat menyusu, usahakan tidak memberi reaksi yang membuat si kecil terkejut atau takut, biasanya seperti menjerit atau menarik payudara secara tiba-tiba. Reaksi ini dapat menyebabkan trauma sehingga beresiko si kecil menolak atau mogok menyusu (nursing strike). 

Ketika si kecil mengigit, Mama bisa memeluk kepala bayi lebih erat ke arah payudara atau menutup hidungnya, dengan tujuan agar si kecil membuka mulutnya untuk mengambil nafas. Jika belum berhasil juga, Mama boleh memberikan cubitan kecil pada si kecil agar ia berhenti gigit puting. Setelah itu tataplah matanya dan katakan, “Sakit loh, Nak…”. Meski kelihatannya si kecil belum bisa berbicara dan memahami perkataan kita, tapi sebenarnya si kecil bisa mengerti kok, Mam.

Cara Merawat Puting Luka 

Menyembuhkan puting yang terlanjur terluka bisa dilakukan dengan cara alami. Salah satunya yaitu mengoleskan beberapa tetes ASI pada area puting yang luka sesudah menyusui, kemudian angin-anginkan hingga kering. Kandungan anti-bakteri pada ASI bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Supaya luka tidak langsung menempel pada bra dan kembali terbuka, Mama bisa mencoba untuk mengalasi bra menyusui dengan daun pisang juga Ma.

Sounding  Si Kecil supaya tidak menggigit Puting 

Untuk menanggulangi puting tergigit kembali, cobalah untuk mengajak si kecil bicara atau sounding ketika menyusu. Lakukan kontak mata dan katakan “Nenen mama disayang ya, Dek. Adek paling suka menyusu sama Mama ya. kalo digigit sakit soalnya, Mama sedih, disayang aja ya Dek.”

Selain melakukan tips-tips di atas, yang paling penting juga adalah Mama perlu ekstra sabar yaaaa… Karena pada dasarnya si kecil hanya berusaha meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan pada gusinya ketika tumbuh gigi. Selamat mencoba, Mam!

Selamat menikmati masa-masa menyusui, Mama. Semoga sehat selalu & dimampukan menyusui si kecil hingga 2 tahun nanti. 

Selagi berupaya untuk terus menyusui si kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama. 

Penulis: Inas Twinda

Source: 

https://www.healthline.com/health/parenting/teething-breast-feeding

https://www.babycentre.co.uk/a542991/what-to-do-when-your-breastfeeding-baby-bites

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/teething/art-20046378