fbpx
obat pelancar ASI

Tak jarang Ibu menyusui mengalami masalah ASI “seret”. Bukan hanya menghambat pemenuhan nutrisi bayi, tapi juga bisa membuat Mama stres. Eits, tenang, Ma… Mungkin obat pelancar ASI bisa jadi solusinya. Lalu, obat pelancar ASI apa yang aman dikonsumsi? Cari tahu jawabannya di sini, yuk, Ma… 

Penyebab ASI Tidak Keluar

Sebelum mengonsumsi obat pelancar ASI, kenali dulu penyebab kenapa ASI tidak keluar. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi produksi ASI, antara lain :

1. Pelekatan mulut bayi yang belum tepat

Saat menyusui, Mama perlu memperhatikan pelekatan mulut si Kecil. Pelekatan mulut bayi yang tepat akan merangsang tubuh Mama untuk memproduksi lebih banyak ASI. 

2. Tidak disiplin mengosongkan payudara 

Mengosongkan payudara secara rutin dapat merangsang produksi ASI. Mama dianjurkan menyusui kedua payudara secara bergantian. Caranya susui bayi di payudara pertama sampai payudara terasa lembek, setelah itu baru ganti ke payudara satunya ya, Ma… 

3. Jadwal menyusui yang tidak teratur

Idealnya, bayi harus menyusu setiap 2-3 jam sekali. Frekuensi menyusui yang sering adalah salah satu untuk meningkatkan produksi ASI Mama, lho. Prinsip produksi ASI adalah supply and demand. Jadi, semakin sering bayi menyusu, produksi ASI semakin meningkat.

4. Kondisi kesehatan Mama

Mengutip dari Halodoc, ada beberapa penyebab ASI tidak keluar lainnya. Misalnya, Mama menggunakan obat-obatan tertentu atau perlu menjalani perawatan medis yang tidak aman untuk menyusui.

Baca juga: Rahasia Atasi ASI Seret, Welcome ASI Lancar

Obat Pelancar ASI yang Aman untuk Ibu Menyusui

Kalau menyebut tentang “obat”, pasti yang terpikir pertama kali adalah efek samping jangka panjang bagi kesehatan. Sebaiknya Mama memilih obat pelancar ASI yang terbuat dari bahan alami, seperti galactagogue. Galactagogue adalah makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Inilah galactagogue yang sebaiknya terkandung dalam obat pelancar ASI, yaitu:

  • Fenugreek (Trigonella foenum-graecum): merangsang produksi susu melalui antagonisme reseptor dopamin;
  • Blessed thistle (Cnicus benedictus): merangsang aliran darah ke kelenjar susu;
  • Daun torbangun (Coleus amboinicus Lour): merangsang proliferasi sel mammae sekretorik;
  • Jelai (Hordeum vulgare): mengandung polisakarida yang merangsang prolaktin;
  • Rue kambing (Galega officinalis): mengandung prekursor metformin yang disebut galegin. Diperkirakan untuk merangsang pertumbuhan mammae;
  • Adas (Foeniculum vulgare): merangsang produksi ASI dan membantu let down reflex;
  • Malunggay atau paha (Moringa oleifera): meningkatkan prolaktin;
  • Anise (Pimpinella anisum): mengandung anethole, yang dianggap estrogenik lemah. Senyawa aromatik dalam adas dapat bertindak sebagai antagonis reseptor dopamin.

Rekomendasi Obat Pelancar ASI

Beberapa kriteria obat pelancar ASI yang aman adalah memiliki kandungan bahan alami, sudah bersertifikat BPOM dan HALAL, serta tidak menggunakan bahan pengawet. Salah satu obat pelancar ASI yang memenuhi kriteria tersebut adalah MamaBear Teh Pelancar ASI.

Produk ini merupakan aromatik teh dengan segala kebaikan herbal. Teh ini sudah terbukti efektif meningkatkan produksi dan nutrisi ASI lho, Mam. Tidak hanya itu, teh ini juga mampu meningkatkan lemak ASI dan berat berat badan bayi melalui ASI Mama.

Uniknya, teh ini tidak mengandung daun teh yang memiliki kandungan kafein, jadi aman dikonsumsi setiap saat oleh Ibu menyusui. Namun, untuk Ibu hamil tidak dianjurkan untuk minum teh ini, ya. Cek produknya di sini, Ma…

Baca juga: Solusi untuk ASI Tidak Keluar dengan Lancar

Kandungan Obat Pelancar ASI MamaBear

Inilah beberapa kandungan yang terdapat dalam MamaBear Teh Pelancar ASI, di antaranya:

  • Fenugreek

Menurut penelitian, fenugreek mengandung fitoestrogen efektif meningkatkan produksi ASI. Caranya dengan merangsang saluran dan kelenjar ASI untuk dapat memproduksi lebih banyak ASI.

Baca juga: ASI Booster yang Mengandung Fenugreek, Amankah?

  • Fennel

Fennel bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI dan kandungan lemak ASI, mendukung kenaikan berat badan bayi. Jurnal penelitian menyebutkan ada peningkatan beberapa parameter seperti volume ASI, kandungan lemak, dan penambahan berat badan bayi dengan penggunaan fennel.

  • Habbatussauda

Habbatussauda atau yang dikenal dengan jintan hitam mengandung nutrisi dan laktagogum yang bermanfaat meningkatkan nutrisi dan memperlancar produksi ASI. Selain itu, membantu meningkatkan imun tubuh Mama juga, lho.

Hmmm, buat apa pilih obat pelancar ASI yang “pahit”, kalau ada obat pelancar ASI alami yang rasanya enak seperti MamaBear Teh Pelancar ASI. Pastinya bisa bikin Mama rileks selama menyusui. Bye-bye ASI seret!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources: 

1. Kondisi Medis yang Membuat Ibu Tidak Dapat Menyusui. URL: https://www.halodoc.com/artikel/kondisi-medis-yang-membuat-ibu-tidak-dapat-menyusui (diakses 11/10/2023)

2. Faktor Penyebab ASI Sedikit dan Solusi Mengatasinya. URL: https://www.alodokter.com/faktor-penyebab-asi-sedikit-dan-solusi-mengatasinya (diakses 11/10/2023)

3. Nursing & Healthcare International Journal All about Breastfeeding for Mothers. URL: https://medwinpublishers.com/NHIJ/NHIJ16000117.pdf (diakses 11/10/2023)

3. Drug Levels and Effects. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK501793/pdf/Bookshelf_NBK501793.pdf (diakses 11/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.