fbpx

Radang tenggorokan adalah kondisi yang ditandai dengan rasa sakit, gatal, atau bengkak di tenggorokan. Penyebabnya adalah infeksi virus atau bakteri, alergi, iritasi, atau kekeringan. Kondisi ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tetapi jika tidak kunjung membaik, Mama mungkin perlu minum obat radang untuk Ibu menyusui agar gejalanya mereda.

Apakah Ibu menyusui boleh minum obat radang tenggorokan? Apa saja obat radang tenggorkan yang aman dan tidak berbahaya Ibu menyusui dan bayi? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel MamaBear berikut ini!

Obat Radang Tenggorokan yang Aman untuk Ibu Menyusui

Sebelum memilih obat radang tenggorokan untuk Ibu menyusui, Mama perlu mengetahui penyebab radang tenggorokan Mama. Jika radang tenggorokan disebabkan oleh virus, seperti flu atau pilek, maka obat antivirus tidak diperlukan.

Mama cukup mengonsumsi obat pelega tenggorokan untuk Ibu menyusui yang mengandung antiseptik, seperti Degirol, Efisol C, atau Strepsils. Obat-obat ini bisa membantu meredakan rasa sakit dan gatal di tenggorokan, serta membunuh kuman penyebab infeksi.

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri, seperti streptokokus, maka Mama mungkin memerlukan obat antibiotik untuk menghentikan perkembangan bakteri dan mencegah komplikasi. Obat antibiotik yang biasa diresepkan untuk radang tenggorokan adalah amoxicillin atau penicillin. Obat radang ini dianggap aman untuk Ibu menyusui, asalkan digunakan sesuai dosis dan anjuran dokter.

Selain obat-obat di atas, Mama juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri dan radang, seperti paracetamol atau ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit dan demam akibat radang tenggorokan. Obat radang ini juga aman untuk Ibu menyusui, asalkan tidak melebihi dosis maksimal dan tidak dikonsumsi dalam jangka panjang ya, Mam..

Baca juga: Busui Alami Hipertensi, Bolehkah Minum Obat Pereda Hipertensi?

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan secara Alami

Selain minum obat radang tenggorokan untuk Ibu menyusui, Mama juga bisa melakukan beberapa cara alami untuk mengatasi radang tenggorokan, seperti:

  • Kumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, madu, atau cuka apel. Ini bisa membantu membersihkan tenggorokan dari lendir dan kuman, serta meredakan peradangan.
  • Minum air putih yang banyak untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan mencegah dehidrasi.
  • Minum minuman hangat, seperti teh, susu, atau air jahe, yang bisa menenangkan tenggorokan dan melancarkan pernapasan.
  • Konsumsi makanan lunak dan bergizi, seperti sup, bubur, atau yogurt, yang mudah ditelan dan tidak mengiritasi tenggorokan.
  • Hindari makanan dan minuman yang pedas, asam, atau dingin, yang bisa memperparah radang tenggorokan.
  • Istirahat yang cukup dan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi untuk mengurangi pembengkakan di tenggorokan.
  • Jaga kebersihan mulut dan tangan, serta hindari kontak langsung dengan orang yang sakit, untuk mencegah penularan infeksi.

Baca juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Sakit Kepala?

Pentingnya Menyusui Saat Radang Tenggorokan

Meskipun Mama sedang radang tenggorokan, Mama tetap disarankan untuk menyusui si Kecil seperti biasa. Ini karena, menyusui bisa memberikan manfaat bagi Mama dan si Kecil, yaitu:

  • Meningkatkan sistem imun Mama dan si Kecil, karena ASI mengandung antibodi yang bisa melawan infeksi.
  • Mengurangi risiko mastitis atau peradangan payudara, yang bisa terjadi jika ASI menumpuk di payudara.
  • Membantu menjaga bonding antara Mama dan si Kecil, yang bisa mengurangi stres.

Namun, agar radang tenggorokan tidak menular ke si Kecil, Mama perlu menerapkan protokol kesehatan saat menyusui, seperti:

  • Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyusui.
  • Pakai masker saat menyusui dan ganti masker yang basah atau kotor.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, dan buang tisu ke tempat sampah.
  • Jauhi orang lain yang sakit atau memiliki gejala radang tenggorokan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika gejala radang tenggorokan tidak membaik atau bertambah parah.

Itulah artikel tentang radang tenggorokan dan obat yang aman untuk Ibu menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Mama…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. 9 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh. URL: https://www.alodokter.com/obat-radang-tenggorokan-paling-ampuh (diakses 6/2/2024)

2. Inilah Jenis Obat Paling Aman Atasi Radang Tenggorokan untuk Busui. URL: https://www.haibunda.com/menyusui/20220302121936-54-268171/inilah-jenis-obat-paling-aman-atasi-radang-tenggorokan-untuk-busui (diakses 6/2/2024)

3. Kenali 4 Gejala Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya. URL: https://www.alodokter.com/kenali-4-gejala-radang-tenggorokan-dan-cara-mengatasinya (diakses 6/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.