fbpx
Papa ASI
Source : shutterstock

Suami adalah support system terbesar dalam perjalanan seorang ibu yang baru melahirkan dan memulai perjalanan menyusui. Salah satu bentuk dukungan yang bisa Papa lakukan adalah dengan menjadi Papa ASI yang berperan aktif mensukseskan ASI eksklusif di enam bulan pertama bayi. Pemberian ASI eksklusif ini penting sekali, karena selain mendukung perkembangan otak dan fisik bayi, juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap berbagai penyakit.

Memang nggak mudah menjadi Papa ASI karena sebagai orang tua baru pasti bingung apa yang harus dilakukan. Tenang Pa, nggak mudah bukan berarti nggak bisa kan?

Ini 4 tips Papa ASI sukseskan ASI eksklusif

Source : shutterstock

1. Mencari informasi seputar menyusui

Terima kasih teknologi! Saat ini Papa bisa dengan mudah mengakses informasi tentang ASI dan menyusui. Pastikan membaca dari sumber yang terpercaya ya, Pa! Papa juga bisa mendatangi konselor ASI bersama Mama untuk mencari tahu informasi lebih jelas tentang proses menyusui.

Dengan belajar banyak hal tentang menyusui, Papa bisa menjadi teman diskusi yang baik untuk Mama. Papa jadi punya gambaran apa yang sedang dibutuhkan oleh Mama saat mengASIhi.

2. Memberikan perhatian penuh ke Mama

Bentuk perhatian bisa bermacam-macam, Pa. Menjadi pendengar yang baik saat Mama bercerita tentang keluh kesah mengASIhi, memberi semangat dan apresiasi agar Mama tetap merasa dicintai, menyiapkan minuman waktu Mama lagi menyusui atau pumping, bisa juga dengan mencucikan alat pumping supaya Mama bisa istirahat setelah selesai memerah ASI.

Papa juga bisa bantu pijat oksitosin agar Mama lebih rileks menghadapi rutinitas mengASIhi. Pijat oksitosin adalah pijat punggung yang ditujukan untuk merangsang hormon oksitosin. Hormon ini sangat berpengaruh dalam produksi ASI Mama, lho.

3. Terlibat dalam pengasuhan bayi

Tahukah Papa, mengganti popok di malam hari, membantu menjaga bayi saat Mama makan, menggendong bayi saat menangis, itu berarti sekali untuk Mama. Bentuk dukungan seperti ini membuat Mama lebih tenang karena didampingi Papa sebagai partner seperjuangan.

Kalau Mama tenang dan merasa bahagia, hormon oksitosin yang juga dikenal sebagi “hormon cinta” pun akan meningkat, dan ASI mengalir lebih deras. Mama tenang, bayi kenyang, Papa juga ikut senang, kan?

4. Membantu mencukupi kebutuhan nutrisi

Menurut penelitian, Ibu menyusui (ASI eksklusif) dianjurkan untuk setidaknya memenuhi kebutuhan kalori sebanyak 2.300-2.500 kkal per hari. Selain itu, busui juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin & mineral)

Pentingnya memenuhi nutrisi Mama saat mengASIhi adalah agar pertumbuhan dan perkembangan bayi bisa optimal dan kesehatan Mama tetap terjaga. Selain sumber kalori & nutrisi didapat dari makanan sehari-hari, Papa juga bisa kasih hadiah Booster ASI Almon Mix dengan berbagai varian rasa dari MamaBear.

Almon Mix dari MamaBear dibuat dari superfood bermanfaat melancarkan ASI (daun katuk, daun kelor, almond, kedelai, oat, dan brewer’s yeast), juga mengandung nutrisi mikro dan makro yang bantu meningkatkan produksi & nutrisi ASI. Rasanya juara bikin Mama happy, nutrisi pun tercukupi, Yeay!

Yuk, Papa bantu sukseskan ASI eksklusif dengan berkunjung ke www.mamabear.co.id untuk mendapatkan informasi lengkap seputar ASI dan Menyusui. Kunjungi juga Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar Asi.

Writer : Viprilla Andita

Editor : Riska Pratiwi

Source :

Oxytocin and Breastfeeding

Breastfeeding as Family Teamwork

Partners, Spouses, and Families | Harvard Kennedy School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.