Moms, saat menyusui apakah pernah mendengar mengenai saluran ASI tersumbat dan mastitis? Atau Moms sedang mengalami masa-masa payudara membengkak? Moms harus tahu semua permasalahan itu ada perbedaan gejala dan cara penanganannya. Paling terpenting, Moms harus lebih paham mengenai permasalahan tersebut agar dapat membedakan permasalahan yang terjadi pada Moms saat ini.

8 - saluran asi tersumbat dan mastitis (3)

Moms Kenali Gejala-Gejala Awalnya

Moms mungkin pernah mengalami payudara membengkak, saluran ASI tersumbat dan mastitis. Apakah Moms tahu mengenai bentuk gejala yang akan terjadi pada tubuh? Kali ini akan dikupas satu persatu tentang permasalahan yang akan terjadi pada Moms saat menyusui. Jangan sampai permasalahan ini dibiarkan karena akan berakibat fatal.

Apakah Moms pernah merasakan beberapa gejala ini? Payudara terasa sangat penuh, jika payudara dipegang akan terasa keras, panas, dan bagian payudara nyeri semua. Itulah Moms tanda-tanda dari payudara membengkak. Maka dari itu, untuk Moms yang sedang menyusui, sering-sering mengosongkan payudara agar tidak terjadi pembengkakan payudara.

8 - saluran asi tersumbat dan mastitis (2)

Moms tidak hanya pembengkakan payudara saja melainkan ada kondisi saluran ASI tersumbat dan mastitis. Saluran ASI yang tersumbat juga cukup banyak dialami oleh Moms yang tengah menyusui. Apa saja gejalanya? Gejalanya adalah terdapat benjolan keras, payudara panas, nyeri, dan memerah diarea benjolan. Ketika Moms membiarkan dengan saluran ASI tersumbat malah bedampak menjadi mastitis.

8 - saluran asi tersumbat dan mastitis (1)

Bibit mastitis ini akan muncul ketika Moms membiarkan saluran ASI tersumbat. Bahaya banget bukan ketika payudara terkena infeksi dan malah tidak bisa mencukupi ASI si kecil. Maka dari itu, Moms harus tahu gejala-gejala yang terjadi. Hampir mirip dengan gejala saluran ASI tersumbat tetapi ada dua poin penting yaitu terdapat garis-garis merah di area payudara dan mengalami demam tinggi.

Penanganan Masalah Payudara Bengkak, Saluran ASI Tersumbat, dan Mastitis

Jadi, ketika Moms sudah mengetahui beberapa gejala yang terjadi. Saat ini, Moms harus tahu juga untuk menangani masalah payudara bengkak, saluran ASI tersumbat dan mastitis. Gampang sekali kok Moms untuk menangani masalah ini kecuali mastitis.

Moms untuk mengatasi payudara bengkak, mengompres payudara dengan air dingin akan membantu. Sedangkan, ketika Moms mengalami saluran ASI tersumbat lakukan kebalikannya yaitu mengompres payudara dengan air hangat. Jadi, Moms bisa melakukan ini sebelum atau sehabis menyusui si kecil.

Melihat permasalahan mastitis, ini tidak bisa ditangani oleh Moms sendiri. Jadi, Moms harus langsung membawanya ke dokter laktasi. Jangan menunda-nunda yah Moms berbahaya karena akan menimbulkan abses yang hanya bisa ditangani dengan operasi. Pada saat Moms sudah berkonsultasi dengan dokter laktasi maka Moms akan diberikan obat antibiotik yang tentunya resep dokter.

Follow Mamabear di Instagram @mamabearcoid untuk berbagai informasi lainnya, ya!