fbpx
Pelancar ASI alami Image MamaBear

Selama masa menyusui, bayi akan mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkannya melalui ASI Mama. Seluruh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh Mama akan mempengaruhi produksi ASI yang dihasilkan.  Konsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang memiliki segudang kebaikan, baik bagi Mama maupun SI Kecil, antara lain sebagai sumber energi, meningkatkan produksi ASI, serta membantu meningkatkan berat badan bayinya. 

Terdapat beragam pilihan bahan makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai pelancar ASI alami. DIlansir dari Sanford Health, beberapa jenis makanan memiliki nutrisi yang lebih baik dari makanan lainnya. Yuk, cari tahu mana kandungan bahan yang paling efektif untuk memperlancar ASI Mama!

Rekomendasi Kandungan Pelancar ASI Alami

1. Gandum utuh

Pelancar ASI alami Image MamaBear

Rekomendasi kandungan pelancar ASi yang pertama adalah gandum utuh. Kandungan ini menyediakan banyak nutrisi yang bermanfaat, terutama bagi Mama menyusui. Gandum utuh memiliki kandungan hormon yang berperan penting dalam proses laktasi antara lain untuk meningkatkan hormon prolaktin dan produksi ASI. Selain itu, gandum juga mengandung mikronutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas perkembangan janin. Bentuk olahan dari gandum utuh juga mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya oatmeal, pasta, beras merah, kukis, dan sebagainya. 

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan hormon fitoestrogen yang bermanfaat sebagai pelancar ASI Mama. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki banyak kandungan nutrien baik yang berguna bagi daya tahan tubuh, seperti kalsium. Sayuran hijau juga sangat mudah ditemui di berbagai tempat sehingga Mama bisa mengonsumsinya setiap hari. Contoh sayuran hijau yang dapat Mama pilih, antara lain sawi, kale, bayam, brokoli, selada, dan sebagainya.

3. Fennel

Pelancar ASI alami Image MamaBear

Biji fennel adalah kandungan pelancar ASI yang dapat menambah cita rasa pada banyak jenis makanan. Seluruh bagian tumbuhan fennel, mulai dari akar, batang, buah, hingga daun, aman untuk dikonsumsi. Pada fennel, dapat ditemui kandungan hormon estrogen yang dapat membantu Mama meningkatkan produksi ASI dan kandungan lemak ASI, serta mendukung kenaikan berat badan SI Kecil. 

4. Almon

Kacang-kacangan kerap menjadi pilihan camilan Mama ketika sedang bersantai di rumah, bukan? Selain memiliki rasa gurih dan renyah, kacang juga mengandung segudang nutrisi penting bagi tubuh, seperti protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak. 

Salah satu jenis kacang-kacangan yang telah dikenal dan terpercaya sebagai kandungan pelancar ASI alami adalah almon. Konsumsi almon dapat berkontribusi dalam meningkatkan produksi dan melancarkan pengeluaran ASI.  Almon mengandung banyak protein dan kalsium, serta kaya akan omega 3, 6, dan 9 yang berfungsi untuk meningkatkan hormon prolaktin. Selama masa menyusui, Mama membutuhkan asupan kalsium dengan jumlah yang cukup besar, yakni 1000 mg per hari. Tak hanya bermanfaat bagi Mama menyusui, almon juga dapat menjadi sumber kalsium selama masa kehamilan. DIlansir dari Verywell Family, almon biasa dikonsumsi oleh Ibu menyusui agar produksi ASI-nya semakin meningkat, manis, dan kental. 

5. Flaxseed

Pelancar ASI alami Image MamaBear

Flaxseed mengandung berbagai macam hormon yang berperan penting dalam proses laktasi, antara lain  fitoestrogen, prolaktin, dan oksitosin. Selain itu, flaxseed juga mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Brewer’s yeast

Brewer’s yeast atau ekstrak ragi merupakan suplemen nutrisi yang mengandung vitamin B, zat besi, protein, chromium, selenium, dan mineral lain yang sangat berguna bagi tubuh. Brewer’s yeast dapat pula meningkatkan nutrisi, jumlah, dan menjaga lemak dalam ASI dari proses oksidasi. Ekstrak ragi ini umumnya tersedia dalam bentuk tablet atau bubuk.  

7. Salmon 

Pelancar ASI alami Image MamaBear

Ikan adalah sumber protein dan omega 3 yang baik untuk tubuh. Namun, sebagian besar makanan laut sangat rentan terhadap kontaminan, seperti merkuri dan lain-lain. Bayi memiliki risiko terpapar kontaminan secara berlebih melalui ASI. Hal ini dapat berisiko bagi perkembangan sistem sarafnya. Sebagaimana yang dilansir dari Mayo Clicic, untuk meminimalisasi hal tersebut, sebaiknya Mama perlu menghindari konsumsi ikan yang berpotensi mengandung merkuri tinggi, seperti makerel, swordfish, dan tilefish. 

Salmon adalah salah satu alternatif pilihan yang tepat jika Mama ingin mendapatkan kandungan protein tinggi dari ikan, namun tetap aman untuk dikonsumsi. Ikan ini kaya akan vitamin B12 dan omega 3 yang dapat membantu Mama mengatasi postpartum depression atau depresi pasca melahirkan. Salmon sangat baik dikonsumsi Mama menyusui karena mengandung DHA (Docosahexaenoic Acid) yang berperan penting dalam perkembangan sistem saraf bayi. Banyak wanita mengalami kekurangan asupan citamin D, hal ini dapat teratasi dengan mengonsumsi sarden yang memiliki kandungan vitamin D alami di dalamnya. 

8. Aprikot dan Kurma

Nyemil buah-buahan memang tidak pernah salah ya, Ma… Apalagi, buah aprikot san kurma ini. Buah ini dapat meningkatkan produksi hormon prolaktin yang berperan dalam mengatur produksi ASI. Aprikor mengandung nutrien esensial, seperti serat, vitamin A, vitamin C, dan potassium, sedangkan kurma kaya akan kalsium dan serat, serta mengandung hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan proses pengeluaran ASI. Usahakan untuk konsumsi buah yang masih segar agar nutrisinya tetap terjaga ya, Mam…

9. Telur

Pelancar ASI alami Image MamaBear

Sudah tidak asing lago kan dengan bahan makanan yang satu ini? Telur sering kali ditemui di berbagai macam olahan makanan. Selain enak, murah, dan mudah didapat, telur tenyata juga mengandung banyak nutrisi, lho… Menurut Sanford Health, telur kaya akan protein, kolin, lutein, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, dan folat. Mama juga tidak perlu khawatir karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa telur tidak berpotensi dalam meningkatkan kolesterol. 

Itulah beberapa kandungan pelancar ASI alami yang bisa Mama pilih. Mana yang paling efektif? Setiap bahan makanan memiliki kandungan nutrisinya masing-masing dan sama pentingnya. Semuanya kembali bergantung pada kebutuhan nutrisi apa yang paling Mama butuhkan selama menyusui. Hal yang terpenting adalah untuk memastikan bahwa semua asupan nutrisi Mama sudah terpenuhi secara seimbang. Jadi, sudah pernah coba yang mana aja nih, Mam? 

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

(Writer: Khoirunnisa Purwamita B.)

Sources:

Foods to Increase Breast Milk Supply (Verywellfamily.com)

Breastfeeding nutrition: Tips for moms  (Mayoclinic.org)

Top 10 superfoods for breastfeeding moms | Sanford Health News.