fbpx

Puting lecet adalah hal yang biasa dan wajar saat menyusui si kecil? Hmmm… kata siapa? Justru puting lecet menunjukkan ada proses menyusui yang perlu dibenahi.

Dua poin penting yang perlu Mama ketahui supaya proses menyusui jadi lebih nyaman yaitu Posisi dan pelekatan menyusui yang benar. Posisi menentukan PrestASI. Yuk, simak terus artikel ini, Mam!

Posisi Menyusui yang Tepat

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jika posisi menyusui dilakukan dengan tepat, Si Kecil bisa menyusu sepuasnya dan Mama pun bebas dari rasa sakit atau risiko puting lecet. Sehingga pengeluaran ASI bisa efektif dan produksi ASI pun semakin lancar.

Posisi menyusui yang tepat berdasarkan anjuran dari IDAI, yaitu:

  1. Telinga dan bahu si kecil berada dalam satu garis lurus. 
  2. Perut bayi menempel berhadapan dengan perut Mama. “Perut Ketemu Perut”.
  3. Tangan bayi yg ada di bagian bawah memeluk tubuh Mama. 
  4. Tangan Mama menggendong menyangga bagian pantat bayi agar posisi bisa dipertahankan & pakem. 

NOTES: Keluarkan tangan bayi dari bedong supaya bayi bebas bergerak & mengatur keseimbangannya ketika menyusu. 

Baca Juga: Pentingnya Pelekatan Menyusui untuk Sukses Hingga 2 Tahun

Pelekatan Menyusui yang Tepat

Kalau posisi menyusui sudah dilakukan dengan tepat, selanjutnya Mama bisa memperhatikan pelekatan mulut si kecil ke payudara Mama saat menyusu.

Hal ini penting karena jika pelekatan menyusui kurang tepat, bukan hanya puting Mama menjadi lecet tapi juga si kecil akan kesulitan memerah payudara untuk mendapatkan cukup ASI. 

Oleh karenanya, penting diketahui bahwa pelekatan menyusui yang benar adalah yang memenuhi patokan AMUBIDA. Apa sih itu?

  • A-reola bagian bawah masuk ke mulut si kecil lebih banyak daripada areola bagian bawah
  • MU-lut si kecil terbuka lebar
  • BI-bir bagian bawah terlipat keluar, seperti memble
  • DA-gu bayi menempel pada payudara sehingga otomatis membuka jalur nafas ke hidungnya

Baca juga: AMUBIDA, Kunci Pelekatan Menyusui Untuk Busui

NOTES: Penting untuk diketahui posisi dan pelekatan menyusu ini sangat menentukan kecukupan ASI pada bayi termasuk mempengaruhi kenaikan berat badannya dari waktu ke waktu.

Sekarang yuk cek posisi dan pelekatan si kecil, kira-kira sudah tepat belum yaaa? Dengan posisi dan pelekatan menyusu yang tepat, proses menyusui pun akan lebih nyaman, puting Mama bebas lecet, si kecil pun bisa mendapatkan ASI yang cukup, sesuai dengan kebutuhannya. Semangat mengASIhinya ya, Mam…

Untuk mendukung proses menyusui Mama yang lancar, cobain produk Zoya Mix dari MamaBear. Kandungan Kacang kedelainya dapat memperlancar produksi ASI Mama. Check out yuk, Ma!

Selagi berupaya untuk terus menyusui Si Kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama. 

Sources:

Positioning and attachment video – Baby Friendly Initiativ

IDAI | Posisi dan Perlekatan Menyusui dan Menyusu yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.