fbpx

Pemilu 2024 sebentar lagi. Mama mungkin ingin ikut memberikan suara, namun khawatir saat harus membawa si Kecil. Belum lagi membayangkan antrian yang panjang. Hmm, bagaimana jika si Kecil ingin menyusu? Tenang, Mam, pemilu kali ini memiliki keistimewaan lain, yaitu menjadi pemilu yang ramah perempuan, khususnya Ibu menyusui. Bagaimana bisa?

Pelaksanaan Pemilu 2024 Ramah Ibu Menyusui

Melansir laman website resmi Komisi Pemilihan Umum, salah satu faktor yang membuat pemilu ini ramah Ibu menyusui adalah adanya layanan khusus yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Layanan khusus ini bertujuan untuk memudahkan Ibu menyusui dan lansia agar tidak berlama-lama saat di TPS. Dengan demikian, para Ibu dapat memberikan hak suaranya tanpa mengganggu kegiatan menyusui dan kesehatan mereka.

Layanan khusus ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara KPU dan Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) yang membahas pemilu berperspektif gender dan kampanye Jeli, Inisiatif, Toleransi, dan Ukur (JITU). Kerjasama ini diharapkan dapat menghadirkan pemilu yang inklusif dan menghargai hak-hak perempuan.

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi

Pemilu ramah Ibu menyusui ini sebagai bentuk dorongan untuk pemberian ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan pertama. Sebuah penelitian membuktikan ASI Eksklusif bermanfaat bagi kesehatan bayi dan ibu, serta mencegah stunting, kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis.

Baca juga: ASI Eksklusif Masih Bisa Stunting, Mitos atau Fakta?

Pemerintah telah menetapkan target cakupan ASI Eksklusif di angka 80%, namun data terakhir menunjukkan capaian rata-rata nasional 71,58%. Untuk itu, diperlukan upaya bersama untuk meningkatkan angka tersebut, termasuk dengan memberikan fasilitas dan pelayanan saat pemilu yang ramah untuk Ibu menyusui.

Tips Menyusui Bayi saat Pemilu

Meski pemilu kali ini ramah untuk Ibu menyusui, namun terkadang ada beberapa kondisi yang tidak bisa dihindari saat Mama membawa si Kecil ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tenang Mam, tidak perlu panik. Mama bisa menyusui dengan aman dan nyaman selama pemilu dengan tips berikut ini:

  • Gunakan pakaian dan bra yang memudahkan Mama untuk mengakses payudara tanpa harus membuka seluruh baju. Mama bisa memilih pakaian khusus menyusui, kemeja dengan kancing depan, atau baju dua lapis.
  • Bawalah nursing cover, yaitu kain penutup yang bisa menutupi payudara dan bayi saat menyusui. Mama juga bisa menggunakan selendang, cardigan, sweater, atau selimut tipis sebagai alternatif.
  • Cari tempat yang sepi, teduh, dan nyaman untuk menyusui. Jika ada ruang khusus menyusui (nursing room) di TPS, manfaatkanlah fasilitas tersebut.
  • Berikan ASI sebelum bayi kelaparan, agar bayi tidak rewel dan lebih mudah menyusu. Jika bayi rewel, Mama bisa menggendongnya atau mengajaknya bermain sebentar untuk menenangkannya.
  • Jaga asupan nutrisi dan cairan Mama. Bawalah bekal makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, roti, susu, air putih, atau jus.

Baca juga: Baju Mama Sudah Busui Friendly Belum? Simak Faktanya di sini!

Itulah tadi gambaran pemilu 2024 yang ramah untuk Ibu menyusui. Semoga pemilu kali ini tidak hanya menjadi ajang pesta demokrasi, tetapi juga menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mendukung ASI eksklusif dan pemilu ramah perempuan.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Bersama Hadirkan Pemilu Ramah Perempuan dan Inklusif. URL: https://www.kpu.go.id/berita/baca/11635/bersama-hadirkan-pemilu-ramah-perempuan-dan-inklusif (diakses 3/2/2024)

2. Keberhasilan ASI Eksklusif dan Inisiasi Menyusu Dini sebagai Pencegahan Stunting. URL: https://www.researchgate.net/publication/368462073_KEBERHASILAN_ASI_EKSKLUSIF_DAN_INISIASI_MENYUSU_DINI_SEBAGAI_PENCEGAHAN_STUNTING (diakses 3/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.