fbpx

Perkembangan indera penglihatan bayi berawal sejak masih berada di dalam kandungan. Pada awal kehamilan hingga usianya ke-25 minggu, mata bayi akan selalu tertutup untuk mengembangkan retina. Di usia kehamilan 26-28 minggu, kelopak mata janin akan mulai terbuka. Bahkan bayi akan membuka matanya sesekali, meskipun belum bisa melihat apapun.

Kemampuan indera penglihatan bayi juga merupakan alasan dibalik perubahan warna puting semakin gelap sejak awal kehamilan loh Mam. Sebetulnya bagaimana sih, perkembangan penglihatan bayi dari waktu ke waktu di masa pertumbuhannya? 

Bayi Baru Lahir

Pada kondisi normal, penglihatan bayi baru lahir masih sebatas hitam dan putih. Ia belum dapat melihat dengan jelas dan hanya dapat mengamati benda-benda yang memiliki warna kontras saja. Inilah mengapa, Tuhan menciptakan areola dan puting kita berwarna semakin gelap ketika semakin mendekati waktu lahiran, supaya ketika lahir, si kecil dapat menemukan sumber makanannya meski indera penglihatannya belum berkembang sempurna.

Usia 1 Bulan

Selama satu bulan pertama, bayi memiliki fokus penglihatan dengan jarak sekitar 20-25 cm saja, jarak yang kurang lebih sama dengan jarak pandangnya ke wajah Mama ketika ia menyusu. Inilah mengapa, bayi senang memandangi wajah cantik Mama lekat-lekat ketika menyusu dan menggendongnya. Maka itu, yuk mulai sekarang lebih sering tersenyum dan membalas tatapan mata si kecil ketika menggendong, menyusui, dan memeluknya.

Usia 2 – 3 Bulan

Pada usia 2-3 bulan, bayi mulai mengembangkan kemampuannya untuk membedakan warna yang lebih jelas. Beberapa bayi di usia ini bahkan sudah bisa membedakan corak yang serupa, Mam. Sebagai stimulus, Mama bisa mulai mengenalkan gambar, foto, atau mainan yang berwarna cerah dan memiliki desain serta bentuk yang lebih detail.

Usia 4 Bulan

Bayi berusia empat bulan mulai mengetahui seberapa jauh suatu objek darinya, yang secara medis hal ini dikenal sebagai persepsi kedalaman. Menariknya, di saat yang sama, bayi juga mendapatkan kendali yang lebih baik atas lengannya. Oleh karenanya, bayi akan melihat lebih akurat dan kondisi ini membantunya meraih objek di sekitarnya, seperti rambut atau kalung Mama saat lagi menyusu, atau mengambil mainan dalam jangkauannya. Wah luar biasa ya Mam šŸ™‚ 

Usia 5 – 6 Bulan

Indra penglihatan bayi semakin berkembang dalam mengamati objek dari dekat dan melihat hal-hal kecil. Menariknya lagi nih Mam, beberapa bayi juga mulai bisa mengenali satu objek setelah hanya melihat sebagian saja. Oh iya, di usia 5-6 bulan ini bayi sudah bisa diajak bermain ci-lu-ba, Mam. Selain bisa menghibur bayi, permainan sederhana ini bisa menjadi alternatif cara meningkatkan bonding antara si kecil dan kedua orang tuanya.

Usia 7 – 8 Bulan

Seiring pertambahan usianya, kondisi penglihatan bayi juga berkembang menjadi lebih baik. Pada usia ini, perkembangan indera penglihatan bayi hampir seperti orang dewasa. Ia sudah bisa melihat dengan jarak yang lebih jauh, meski penglihatan jarak pendeknya masih lebih baik. Bayi di usia ini sudah memiliki kemampuan penglihatan yang cukup baik untuk mengenali orang dan objek di seluruh ruangan. 

Usia 9 – 10 Bulan

Bayi di usia 9-10 bulan sudah memiliki kemampuan melihat mendekati sempurna.  Penglihatannya menjadi makin tajam dan sudah bisa memilih objek seukuran remah-remah, menunjuk, dan meminta benda di dekatnya. Di usia ini bayi memang sedang aktif-aktifnya bereksplorasi dan mengenali benda-benda yang ada disekitarnya. Rumah berantakan? Its okayyyy 

Usia 11 – 12 Bulan

Nah, pada usia 12 bulan, bayi sudah bisa membedakan antara dekat dan jauh. Dengan perkembangan indera penglihatan yang demikian, ia pun sudah bisa mengenali orang yang dia kenal mendekat dari kejauhan. Apalagi di usia ini juga, si kecil biasanya sudah bisa merangkak ataupun mulai berjalan, waktu melihat Mama atau Papa dari kejauhan pun, dia sudah menghampiri dengan penuh semangat. Menariknya, bayi juga sudah bisa melihat objek yang bergerak cepat, seperti mobil yang berlalu-lalang di jalan raya.

BACA juga : 5 Fakta Penggunaan Baby Walker Pada Bayi yang Belajar Berjalan

Memperhatikan perkembangan indera penglihatan bayi sama pentingnya dengan perkembangan alat indra lainnya. Bila kedua bola mata bayi belum bergerak di rentang usia 3-4 bulan, maka sebaiknya Mama menemui dokter untuk berkonsultasi sehingga bayi bisa mendapat penanganan yang tepat.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang perkembangan anak dan sekilas info tentang menyusui, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui InstagramĀ @mamabearidĀ & YouTube channelĀ ā€œMamaBear Pelancar ASIā€. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama.

Source:

https://www.babycentre.co.uk/a6508/developmental-milestones-sight

https://www.healthline.com/health/baby/baby-vision#first-eye-exam

https://patient.info/doctor/vision-testing-and-screening-in-young-children

Chat with us via Whatsapp