fbpx
Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Persiapan kelahiran si Kecil menjadi masa-masa yang dinantikan. Tetapi, tidak bisa dipungkiri rasanya juga melelahkan. Persiapan melahirkan perlu dimulai lebih dulu agar memudahkan Mama menyambut kelahiran si Kecil, apalagi jika Mama berencana melakukan persalinan di rumah sakit.

Jadi, apa saja yang perlu dibawa untuk persiapan melahirkan di rumah sakit? Lanjut baca artikel ini yuk, Ma…

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit

Inilah beberapa persiapan yang perlu Mama lakukan sebelum kelahiran si Kecil:

1. Survei dan memilih rumah sakit tujuan

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Beragam rumah sakit dapat menjadi opsi tempat bersalin bagi Mama menyambut kehadiran si Kecil. Pilihlah rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan Mama, pastikan rumah sakit yang Mama pilih dapat memenuhi dan menyediakan setiap keinginan Mama selama persiapan melahirkan di rumah sakit. 

Ada baiknya tetap menyesuaikan budget yang telah disiapkan oleh Mama dan keluarga. Bandingkan tarif setiap rumah sakit dengan fasilitas kesehatan yang ditawarkan, kemudian pilih yang paling tepat dan tidak memberatkan Mama.

Selain itu, Mama bisa mencari info terkait metode persalinan yang tersedia, untuk berjaga-jaga apabila ternyata Mama perlu mendapatkan penanganan khusus dan perubahan metode persalinan. Oleh karena itu, Mama dapat mencatatnya sebagai pertimbangan.

Baca juga: Persiapan Melahirkan dengan BPJS

2. Konsultasi dengan dokter

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Persiapan melahirkan di rumah sakit selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatan Mama dan bayi. Hal ini dapat memudahkan Mama dalam memilih metode persalinan dan tempat bersalin yang sesuai.

Jika kondisi Mama dan bayi sehat sehingga dapat menjalani persalinan secara normal, Mama memiliki opsi tempat bersalin yang lebih beragam.

Namun, apabila Mama dirasa membutuhkan penanganan khusus dalam melahirkan si Kecil dengan aman, maka pilih rumah sakit dengan fasilitas kesehatan yang lengkap dan memadai. 

3. Menyiapkan dokumen penting

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Persiapan melahirkan di rumah sakit yang paling utama adalah menyiapkan dokumen penting yang nantinya akan dibutuhkan dalam proses administrasi rumah sakit.

Setiap rumah sakit memiliki prosedur operasional standarnya masing-masing sehingga penting bagi Mama untuk mencari tahu dokumen apa saja yang diperlukan. Proses administrasi ini umumnya membutuhkan tanda pengenal, kartu konsultasi, kartu BPJS, dan sebagainya.

Siapkan juga sistem pembayaran yang akan Mama gunakan selama menjalani perawatan di rumah sakit ya, Ma…

4. Membuat birth plan

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Dilansir dari National Health Service UK, birth plan atau rencana kelahiran merupakan sebuah daftar tertulis terkait hal-hal yang ingin dilakukan Mama selama proses persalinan hingga setelah melahirkan.

Mama dapat berdiskusi dengan dokter atau bidan yang akan membantu proses persalinan sehingga Mama dapat menanyakan informasi dan saran mengenai hal tersebut langsung pada ahlinya.

Proses diskusi ini memberikan kesempatan bagi dokter atau bidan untuk mengenal Mama lebih dekat dan membantu menetapkan prioritas, serta keinginan Mama.

Birth plan (rencana kelahiran) dibuat berdasarkan riwayat kesehatan, kondisi, dan keinginan Mama, serta fasilitas kesehatan yang tersedia. Meskipun begitu, perlu diingat untuk tetap fleksibel dan bersiap terhadap kemungkinan-kemungkinan lain yang  terjadi ya, Ma.

Hal-hal yang umumnya tercantum dalam birth plan dapat Mama baca di artikel 7 Persiapan Melahirkan yang Wajib Mama Tahu, Catat Yuk!

5. Menyiapkan akomodasi

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Setelah Mama menetapkan rumah sakit tempat dilaksanakannya persalinan, Mama perlu melakukan survei perjalanan dari rumah menuju rumah sakit. Hal ini ditujukan agar Mama dan keluarga menemukan jalur yang paling efektif dan cepat untuk sampai ke rumah sakit.

Mama juga perlu memastikan ketersediaan kendaraan yang akan mengantar Mama ke rumah sakit. Siapkan pula alternatif pengantar cadangan untuk berjaga-jaga apabila mengalami kendala. 

6. Menyiapkan tas keperluan Mama dan bayi

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Pada umumnya, Mama akan memerlukan waktu selama 3-4 hari di rumah sakit, dimulai sejak menunggu persalinan hingga masa pemulihan.

Oleh karena itu, dalam melakukan persiapan melahirkan di rumah sakit, Mama perlu menyiapkan tas khusus berisi keperluan Mama dan bayi yang cukup untuk kebutuhan 3-4 hari.

Mama dapat cek daftar barang-barang yang diperlukan untuk persiapan persalinan di artikel 7 Persiapan Melahirkan yang Wajib Mama Tahu, Catat Yuk!

7. Memeriksa stok kebutuhan rumah tangga

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Ketika melaksanakan persalinan di rumah sakit, Mama bisa jadi akan meninggalkan rumah untuk beberapa hari. Sebagai persiapan melahirkan di rumah sakit, Mama perlu memeriksa stok kebutuhan rumah tangga dan memastikan apakah akan tercukupi selama kepergian Mama ke rumah sakit.

Apabila stok kebutuhan rumah tangga masih dirasa kurang, Mama dapat mengisinya kembali dengan berbelanja bersama Papa. Hal ini dapat sekaligus menjadi waktu relaksasi dan meningkatkan intimasi antara Mama dan Papa sebelum si Kecil lahir. 

8. Membuat dan menyiapkan makanan beku

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Selama menjalankan persalinan di rumah sakit, Mama mungkin tidak akan sempat menyiapkan makanan bagi orang-orang di rumah seperti biasanya.

Oleh karena itu, sebagai persiapan melahirkan di rumah sakit, Mama dapat membuat dan menyediakan makanan beku yang mudah dimasak kembali, seperti ayam ungkep, sosis, nugget, dan sebagainya. 

9. Melakukan me-time

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Tetap tenang dan selalu berpikir positif adalah salah satu kunci keberhasilan kehamilan dan kelahiran. Dalam mewujudkan kestabilan fisik dan mental, Mama dianjurkan untuk meluangkan waktu agar dapat melakukan me-time.

Dilansir dari Collins Dictionary, sesuai namanya, me-time adalah sebuah waktu yang dikhususkan untuk diri sendiri. 

10. Menjaga kesehatan

Persiapan Melahirkan di Rumah Sakit Image MamaBear

Persiapan melahirkan di rumah sakit yang terakhir, tapi tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan tubuh, baik bagi Mama maupun si Kecil.

Penting bagi Mama untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh, dan mengonsumsi tambahan vitamin atau suplemen yang diperlukan tubuh. Tubuh yang sehat akan mempersiapkan Mama menjalani persalinan yang optimal. 

Itulah 10 persiapan melahirkan di rumah sakit yang perlu Mama ketahui agar proses persalinan dapat berjalan lancar. Mama sudah siapkan yang mana saja nih? Selamat menanti kehadiran si Kecil, sehat-sehat terusss ya, Ma…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. How to Make a Birth Plan. URL: https://www.nhs.uk/pregnancy/labour-and-birth/preparing-for-the-birth/how-to-make-a-birth-plan/ (diakses 28/09/2023)

2. Me-time definition and meaning. URL: https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/me-time (diakses 28/09/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.