fbpx
menurunkan demam anak

Pasti rasanya panik ya Mam, kalau anak tiba-tiba demam. Kadang masih bingung harus melakukan apa untuk membantu menurunkan suhunya. Selain segera membawa anak ke dokter, Mama bisa coba melakukan pertolongan pertama menurunkan demam anak terlebih dulu di rumah.

Mengenal demam pada anak

Pertama, Mama perlu kenali dulu demam pada anak. Nggak perlu terlalu panik, Mam, demam ini memang respon alami imun tubuh. Kalau suhu tubuh anak naik, tandanya sistem kekebalan tubuh sedang bekerja dengan baik dalam melawan infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit. Walaupun begitu, demam pada anak juga tetap harus diwaspadai.

Mengutip dari artikel alodokter, segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat jika dia berada dalam kondisi berikut:

  • Bayi usia kurang dari 3 bulan dengan suhu tubuh 38°C atau lebih
  • Bayi usia 3 bulan atau lebih dengan suhu tubuh 40°C selama lebih dari 24 jam
  • Bayi usia 3–6 bulan dengan suhu tubuh 38,3°C
  • Bayi usia 6 bulan lebih dengan suhu tubuh 39,5°C
  • Anak usia kurang dari 2 tahun dengan demam yang berlangsung lebih dari 24 jam
  • Anak usia 2 tahun atau lebih dengan demam yang berlangsung lebih dari 3 hari
  • Suhu tubuh anak mencapai 40°C berapapun usianya
  • Demam disertai gejala lain, seperti batuk, hilang nafsu makan, suka menarik telinga, lebih rewel, sering tidur atau tampak lebih mengantuk, muntah, diare, kulit pucat atau memerah, muncul ruam, jarang bahkan tidak buang air kecil, atau sulit bernapas

Apabila kondisi demam pada anak masih tergolong ringan, Mama bisa coba melakukan pertolongan pertama menurunkan demam anak tanpa obat lho.

5 cara pertolongan pertama menurunkan demam anak

1. Hindari dehidrasi dengan minum banyak air

menurunkan demam anak

Saat demam, tubuh anak akan berusaha mendinginkan diri dengan berkeringat. Hal ini bisa membuat cairan tubuh berkurang, bahkan dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi sekaligus menurunkan panas pada anak, Mama dapat memberikan air minum yang banyak. Tidak hanya air putih, bisa juga jus buah, susu formula, ASI, atau sup.

2. Kompres dingin untuk menurunkan suhu

Kompres dahi anak dengan handuk kecil yang sudah dibasahi air dingin. Mama juga bisa kompres area leher, dada, selangkangan, pergelangan tangan, atau ketiak. Tapi, perlu disesuaikan juga ya, Mam, karena kompres dingin bisa menyebabkan anak menggigil.

3. Mandi atau basuh dengan air hangat

Mandi atau basuh badan anak menggunakan air hangat merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan panas. Air hangat bisa bikin tubuh dan otot anak jadi lebih rileks. Ini juga berpengaruh terhadap tidur anak agar lebih nyaman.

4. Memakai pakaian yang tipis

Ini yang sering salah persepsi ya, Ma. Banyak yang menganggap kalau anak demam harus pakai baju yang tebal. Sebaiknya hindari pakaian berlapis-lapis, berikan satu lapis pakaian yang agak tipis. Ini juga bisa membantu menurunkan panas. Jika anak kedinginan, Mama bisa berikan selimut tipis agar lebih hangat.

5. Istirahat yang Cukup

menurunkan demam anak

Satu hal yang nggak kalah penting, batasi aktivitas anak. Pastikan ajak anak istirahat dan tidur yang cukup. Terlalu banyak bergerak juga bisa meningkatkan suhu tubuh anak lho, Mam.

Gimana masih panik dan khawatir kalau anak tiba-tiba demam? Kalau dalam tiga hari suhu tubuh anak tidak turun, langsung berkonsultasi dengan dokter ya, Mam.

Dapatkan informasi seputar ASI & Menyusui, parenting, kesehatan keluarga dan topik menarik lainnya, dengan mengunjungi  instagram, tiktok, dan youtube MamaBear ya!

Writer : Viprilla Andita

Editor : Riska Pratiwi

Source :

5 Cara Menurunkan Panas pada Anak secara Alami – Alodokter

Boosting your child’s immune system – Harvard Health

When to worry about your child’s fever – Harvard Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.