fbpx

Selama hamil, Mama mungkin sering merasakan nyeri di perut akibat begah. Perut begah saat hamil wajar terjadi kok, Mam. Kondisi ini biasanya muncul ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-11 dan berlanjut hingga melahirkan.

Kira-kira apa ya penyebab perut begah saat hamil? Apa saja gejalanya? Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Perut Begah pada Ibu Hamil

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa penyebab perut begah saat hamil yang perlu Mama ketahui, diantaranya:

1. Rahim yang semakin membesar

Seiring bertambahnya usia kehamilan, rahim ikut membesar. Janin yang berkembang membuat rahim menekan ke atas, mengganggu sistem pencernaan, dan meningkatkan produksi gas di usus. Akibatnya, perut terasa begah.

2. Stres dan kecemasan berlebihan

Stres dan kecemasan dapat memengaruhi gerakan napas, menyebabkan peningkatan volume udara yang masuk ke dalam tubuh. Ini juga bisa menyebabkan begah lho, Mam.

Baca juga: Stres pada Ibu Hamil, Kenali Bahayanya untuk Mama dan Si Kecil

3. Peningkatan hormon progesteron

Penyebab berikutnya adalah hormon progesteron. Hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan dapat membuat otot polos di saluran pencernaan menjadi lemas. Akibatnya, proses pencernaan melambat dan gas menumpuk di perut.

4. Cara makan yang salah

Ternyata cara makan yang salah bisa menjadi penyebab perut begah saat hamil. Mengonsumsi makanan dalam porsi besar, makan terlalu cepat, atau mengunyah makanan yang tidak cukup halus dapat menyebabkan udara tertelan saat makan.

5. Jenis makanan yang dikonsumsi selama hamil

Beberapa makanan dapat memicu gas di dalam perut, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, asparagus, dan kubis. Selain itu, vitamin prenatal (terutama komponen zat besi) juga dapat menghasilkan gas berlebih dalam perut dan dapat menyebabkan sembelit.

Gejala Perut Begah saat Hamil

Perut begah pada Ibu hamil dapat menimbulkan beberapa gejala yang perlu dikenali. Beberapa tanda-tanda yang sering terjadi:

  • Nyeri di perut
  • Tekanan pada dada
  • Perut keras dan terasa tegang
  • Rasa tidak nyaman
  • Gangguan pencernaan, seperti sembelit.
  • Sering buang angin dan sendawa

Cara Mencegah Perut Begah selama Hamil

Makanan tertentu bisa menjadi pemicu untuk mengalami gas selama kehamilan. Jika itu benar-benar mengganggu, Mama mungkin ingin memulai buku harian yang melacak makanan yang Mama makan setiap hari. Ini dapat membantu Mama mengidentifikasi makanan yang menyebabkan perut begah saat hamil.

The American Pregnancy Association merekomendasikan beberapa cara yang dapat mencegah perut begah saat hamil, yaitu:

  • Hindari atau kurangi minuman karbohidrat
  • Hindari makanan goreng berlemak
  • Minum dari gelas tanpa menggunakan sedotan
  • Fokus pada makanan kecil sepanjang hari
  • Olahraga, yang akan membantu merangsang pencernaan
  • Hindari pakaian ketat di pinggang
  • Batasi atau hindari pemanis buatan
  • Minum banyak air, yang akan membantu mencegah sembelit
  • Makan perlahan dan kunyah sampai bersih

Selain itu, mengunyah makanan secara pelan dan sampai halus adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi gas. Sebagian besar gas disebabkan oleh bakteri di usus besar yang bekerja memecah makanan yang tidak dicerna secara menyeluruh oleh enzim di perut.

Baca juga: 5 Penyebab Busui Alami Sembelit dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Perut Begah saat Hamil

Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Kondisi ini rasanya tidak nyaman. Oleh karena itu, Mama perlu mengatasinya agar tidak menganggu kesehatan Mama selama masa kehamilan. Inilah beberapa cara untuk mengatasi perut begah saat hamil:

  • Minum banyak air putih: Ibu hamil sebaiknya minum delapan hingga sepuluh gelas air putih per hari. Jika mengalami mual, coba minum jus tanpa tambahan gula, karena gula dapat menyebabkan perut lebih begah dan mual.
  • Konsumsi makanan berserat: Makanan berserat membantu mengurangi perut kembung. Pastikan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya serat.
  • Aktif bergerak dan rajin berolahraga: Olahraga membantu merangsang pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan perut begah.
  • Kenakan pakaian yang nyaman: Hindari pakaian ketat, terutama di sekitar pinggang dan dada, agar perut tidak terasa semakin sesak.

Jika setelah mencoba beberapa cara di atas keluhan perut begah belum mereda, Mama bisa berkonsultasi dengan dokter ya, Mam. Itulah tadi penjelasan tentang perut begah saat hamil. Semoga artikel ini bisa membantu yaaa…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Pregnancy Gas: Causes and Prevention. URL: https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/gas-during-pregnancy/ (diakses 9/2/2024)

2. 7 Safe Home Remedies for Gas During Pregnancy. URL: https://www.healthline.com/health/pregnancy/home-remedies-for-gas-during-pregnancy (diakses 9/2/2024)

3. 8 Causes of Pregnancy Gas and 18 Ways to Cope. URL: https://www.verywellfamily.com/painful-gas-during-pregnancy-4179023 (diakses 9/2/2024)

4. Is bloating in pregnancy normal? URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/bloating-in-pregnancy (diakses 9/2/2024)

5. What To Know About Bloating in Early Pregnancy. URL: https://www.parents.com/early-pregnancy-bloating-causes-and-treatment-7510117 (diakses 9/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.