fbpx
mamabear_pijat oksitosin

Pijat Oksitosin untuk Kelancaran Menyusui

Memberikan bayi ASI ekslusif akan memberikan banyak manfaat pada bayi, tidak hanya selama masa bayi tetapi juga di masa depan. Hal ini karena ASI mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi sehingga menyusui sangat penting untuk dilakukan. Nah, agar Ibu dapat menyusui dengan lancar, Ibu dapat melakukan pijat kelancaran menyusui.

Pijat Oksitosin

Bagi ibu yang merasa ASI keluar sedikit, agar tidak menjadi hambatan bagi Anda untuk memberikan ASI pada bayi, maka Anda dapat melakukan pijat kelancaran menyusui yaitu dengan pijat oksitosin. Pijat oksitisin atau pijat punggung yang dilakukan di daerah sepanjang tulang belakang. Pijatan ini bertujuan untuk memperlancar pengeluaran ASI ibu.

Manfaat Pijat Oksitosin

Melakukan pijatan setelah melahirkan tentu saja memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya memberikan Anda relaksasi, mengurangi stres, dan membantu tidur lebih baik. Bagi ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar, pijatan juga memiliki dampak yang baik dan dapat membantu proses pemulihan agar berjalan lebih cepat.

Tidak hanya itu, pijat punggung ini juga akan membantu Anda dalam menyusui bayi. Ada dua manfaat penting yang akan Anda dapatkan dari pijat punggung ini, yaitu meningkatkan pengeluaran oksitosin dan prolaktin dan meningkatkan let-down reflex.

Pijat punggung akan meningkatkan pengeluaran hormon yang mendukung produksi ASI yaitu prolaktin dan oksitosin sehingga dapat memperlancar produksi ASI. Oksitosin akan merangsang payudara untuk berkontraksi sehingga ASI dapat keluar dengan lancar.

Selain meningkatkan produksi hormon prolaktin dan oksitosin, pijat kelancaran menyusui ini juga dapat meningkatkan let-down reflex yang tentunya akan membantu pengeluaran ASI. Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada 20 ibu menyusui yang dibagi ke dalam dua kelompok berbeda. Penelitian ini menemukan bahwa pijat punggung dapat meningkatkan let-down reflex.

Langah-langkah Pijat Oksitosin

Pijat kelancaran menyusui sangat mudah dilakukan dan bisa dengan menggunakan minyak zaitun dan minyak yang lain untuk mempermudah proses pijatan. Dalam melakukan pijatan ini, Anda juga membutuhkan bantuan orang lain untuk memijat. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan pijat oksitosin:

  1. Ibu duduk rileks dengan bertelanjang dada. Duduklah dengan bersandar ke depan dan melipat lengan dan bertumpu di atas meja atau sandaran yang ada di depan Ibu. Lalu, letakkanlah kepala di atas lengan Ibu.
  2. Bisa suami atau anggota keluarga yang lain melakukan pijatan di sepanjang kedua sisi tulang belakang Ibu. Pijatlah dengan menggunakan 2 kepalan tangan dengan cara ibu jari menunjuk ke depan dan jarak kedua ibu jari adalah kurang lebih 2 jari.
  3. Tekanlah pijatan dengan tegas dan membentuk gerakan-gerakan melingkar kecil dengan kedua ibu jari menuju ke arah bawah pada kedua sisi tulang belakang ibu. Lakukan pijatan mulai dari leher ke arah tulang belikat selama 2 hingga 3 menit. Batas pijatan ini adalah hingga area tali bra dan tidak mencapai pinggang.

Selamat mencoba, ya, Moms!
Cek IG @mamabearcoid untuk berbagai info menarik lainnya, ya!

Chat with us via Whatsapp