fbpx

ASI seret memang jadi tantangan umum bagi setiap Mama yang menyusui. Tahukah Mama, bahwa ASI seret bisa jadi bukan disebabkan karena produksi ASI sedikit, lho. Bisa saja karena pengeluaran ASI tidak lancar karena hormon oksitosin yang bertugas mengeluarkan ASI tidak bekerja maksimal.

Bagaimana cara memancing hormon oksitosin untuk bekerja efektif? Coba Pijat oksitosin, yuk, Ma.

Pijat oksitosin merupakan salah satu teknik pijat pada punggung Mama untuk merangsang hormon oksitosin dalam mengeluarkan ASI dari payudara. Lalu bagaimana cara pijat oksitosin? Teruskan membaca artikel ini, ya Ma.

Sumber: Hellosehat.com

Cara Pijat Oksitosin

Siapa saja bisa melakukan pijat oksitosin lho, Ma! Mama tidak selalu harus ke bidan atau dokter untuk melakukan pijat oksitosin. Mama bisa meminta bantuan Papa atau anggota keluarga lain untuk membantu melakukan pijat oksitosin. Pijat ini dilakukan dengan memijat punggung Mama sepanjang tulang belakang menggunakan dua jempol dan membuat gerakan seperti bentuk hati. Berikut langkah-langkah pijat oksitosin yang bisa Mama lakukan di rumah bersama Papa atau keluarga.

  1. Posisikan tubuh condong ke depan sembari memeluk bantal atau sejenisnya agar lebih nyaman.
  2. Pemijat memberi pijatan pada kedua sisi tulang belakang menggunakan kepalan tangan dengan jempol berada di depan.
  3. Cari bagian tulang belakang leher yang menonjol. Dari titik tersebut, turun 1-2 jari lalu pindah ke sisi kanan dan kiri.
  4. Mulai memijat ke bawah sampai batas tali bra atau bisa juga sampai pinggang Mama.
  5. Berikan sedikit tekanan dengan membentuk lingkaran menggunakan 2 jempol..
  6. Pijat sisi tulang belakang dari leher ke arah bawah sampai tulang belikat.
  7. Lakukan pijat oksitosin ini selama 2-3 menit.

Pijat oksitosin aman dilakukan, tetapi ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pijat oksitosin. Kondisi ini antara lain adalah ketika memiliki luka terbuka, dan ketika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Penting pula memperhatikan seberapa besar tekanan yang diberikan selama pijat oksitosin. Jika pijatan terlalu kuat hingga menimbulkan rasa nyeri, lebih baik segera dihentikan ya, Ma. Jangan sampai pijatan justru membuat tubuh Mama menjadi sakit atau bahkan memar.

Jika setelah melakukan pijat oksitosin Mama merasakan sensasi kesemutan di sekitar payudara, mengalami kram pada rahim saat menyusui, maupun ASI merembes saat sedang tidak menyusui, ini artiya hormon oksitosin telah bekerja maksimal.

Nah itulah cara pijat oksitosin yang bisa Mama lakukan di rumah. Selamat mencoba pijat oksitosin ini, ya Ma. 

Dapatkan informasi seputar ASI & menyusui melalui Instagram @mamabearid, Tiktok @mamabear_id, serta channel Youtube MamaBear Pelancar ASI. 

Penulis: Dinda Aisya

Editor: Mega Pratidina

Source:

Ernawati R, Wijayanti T. 2019. Modul Pijat Oksitosin. In.  

https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/pijat-oksitosin/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.