fbpx

Apakah Moms saat ini sedang bingung melakukan cara yang tepat untuk meningkatkan produksi ASI ketika produksi ASI sudah menurun? Tetap tenang ya, Moms! Yuk, kenalan dengan Teknik Power Pumping!

Apa Itu Power Pumping?

Power pumping artinya teknik untuk menyusui si kecil yang menirukan bayi pada saat growth spurt dimana bayi menyusu lebih lama dan kuat. Jadi, apakah Moms sudah tahu tentang growth spurt? Growth spurt merupakan kondisi dimana pertumbuhan si kecil mengalami percepatan yang biasanya terjadi 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, dan 6 bulan.

Pada saat growth spurt, anak akan lebih terikat dengan Moms. Bagaimana sih ciri-ciri si kecil mengalami growth spurt? Biasanya si kecil minta nenen setiap 5 menit, si kecil kelihatan tidak merasa kenyang, dan si kecil terlihat rewel sepanjang hari. Fase – fase ini terjadi mulai dari 3 hari hingga 7 hari.

Pada saat Moms merasakan bahwa si kecil menyusunya lebih sering dan lebih kuat dibandingkan dengan biasanya, maka Moms akan mengalami peningkatan produksi ASI. Inilah yang akan diadopsi sebagai Teknik power pumping. Power Pumping artinya Teknik yang menirukan bayi yang sedang growth spurt yang dapat menstimulasikan produksi ASI agar meningkat. Moms bisa melakukan power pumping 2 pompa ataupun power pumping 1 pompa.

Bagaimana Cara Power Pumping?

Nah, Moms sekarang sudah paham, kan, mengenai Power Pumping? Bagaimana sih caranya? Kali ini ada dua cara menggunakan power pumping 2 pompa dan power pumping 1 pompa.

Double Pump

Power pumping 2 corong, bisa dilakukan oleh Moms dengan melakukan pompa di dua payudara kanan dan kiri. Letakkan corong langsung ke kedua payudara dan lakukan pompa selama 20 menit. Kemudian, bisa lakukan istirahat 10 menit. Lakukan pemerahan kedua sebanyak 10 menit, setelahnya istirahat kembali dengan jangka waktu 10 menit.

Dalam melakuan power pumping 2 corong ini dilakukan dengan durasi selama 60 menit. Bisa digambarkan bahwa perah payudara (40 menit) dan istirahat (20 menit).

Single Pump

Berbeda lagi dengan pola pumping 1 corong. Pola pumping ini bergantian, dari melakukan perah payudara kanan selama 10 menit. Selanjutnya, Moms bisa melakukan perah payudara kiri selama 10 menit. Dilakukan repetisi sebanyak 3 x 10 menit, dari masing-masing payudara kanan dan payudara kiri.

Jadi, untuk hitungan satu sesi di pola pumping 1 corong pompa ini sama-sama 60 menit. Tidak berbeda dari sesi yang diterapkan pada pumping 2 corong, hanya berbeda di pola pemerahan payudara. Dalam melakukan power pumping, bisa dilakukan diantara jam 00.00 – 04.00 dimana hormon prolactin sedang tinggi – tingginya, ya. Bisa dilakukan 3 – 7 hari berturut – turut ya, Moms. Kenaikan ASI-nya perlahan – lahan ya, Moms. Jadi jangan khawatir bila awal pump masih sedikit. Teknik Power Pumping untuk mencipatkan permintaan / stimulasi. Jadi tetap semangat, Moms!

Bagaimana, Moms? Apakah Moms mau mencoba Power Pumping?

Temukan produk Mamabear di mamabear.co.id. Follow akun IG MamaBear di @mamabearid dan subscribe channel Youtube Mamabear untuk informasi mengenai ASI dan menyusui, ya!