fbpx

Sebentar menyusu, sebentar lepas. Sebentar menyusu lagi, ehh..lepas lagi. Siapa yang bayinya juga begini saat menyusu?

Fokus menyusu yang sering teralihkan seperti ini, ternyata menunjukkan kalau bayi sudah mulai memiliki kesadaran terhadap hal-hal di sekitarnya. Penglihatannya juga semakin jelas, membuat bayi menjadi sering terdistraksi dari menyusu dan memperhatikan hal-hal di sekelilingnya. Adakah tips khusus agar bayi fokus menyusu pada Mama?

Tips Agar Bayi Fokus Menyusu

  1. Menyusui Di Tempat Yang Sepi/Tenang dengan Pencahayaan Redup

Bayi yang masih kecil menyukai tempat yang tenang, tidak terlalu terang, dan jauh dari kebisingan. Suara bising itu mungkin saja berasal dari TV yang sedang hidup atau anggota keluarga lain yang sedang mengobrol. Bayi bisa terusik dan tidak fokus menyusu pada Mama. Dengan menyusui si kecil di tempat yang tenang dan dengan pencahayaan redup, bayi akan terhindar dari gangguan yang berpotensi mengusiknya dan menjadi lebih fokus menyusu. Selain itu, keadaan ini akan membantunya lebih cepat terlelap sambil menyusu.

  1. Menyusui Saat Si Kecil Mulai Mengantuk

Saat si kecil mulai mengantuk, si kecil akan mengabaikan distraksi yang ada di sekitarnya dan mencoba untuk tidur. Mama dapat mengambil kesempatan ini untuk menyusukan si kecil.  Si kecil pun akan fokus menyusu pada Mama dan lebih mudah tertidur.

  1. Memakai Kalung atau Sesuatu yang Menarik Lainnya di Leher untuk Dimainkan Si Kecil Saat Menyusu

Memakai kalung atau sesuatu yang menarik lainnya di leher Mama rupanya bisa jadi daya tarik untuk bayi, lho. Letak kalung atau aksesoris lain di area leher, telinga, wajah dan kepala justru membantu si kecil untuk fokus menyusu. Benda-benda ini akan menarik bayi untuk tetap menyusu sambil memainkan apa yang ada di hadapannya. Bukan tertarik pada hal-hal yang lainnya.

  1. Lebih Sering Menyusui di Malam Hari

Si kecil menjadi sering gelisah dan tidak fokus menyusu di siang hari karena adanya gangguan. Mama bisa tetap menyusui si kecil sesering mungkin dalam durasi yang lebih singkat. Mama juga bisa meneruskan menyusui di malam hari, karena pada malam hari suasananya jauh lebih tenang dan dapat membantu bayi untuk fokus menyusu pada Mama.

  1. Perhatikan Posisi Pelekatan Bayi

Mama perlu memperhatikan posisi peletakan antara mulut bayi dan payudara dengan benar. Karena, bisa saja posisi pelekatan yang tidak pas membuat si kecil tidak fokus menyusu atau bahkan tidak mau menyusu. Menemukan teknik pelekatan yang tepat membantu bayi lebih lancar dalam mengisap sehingga mau menyusu langsung dari payudara dengan tenang.

  1. Berikan ASI Saat Bayi Lapar

Saat lapar, bayi akan menunjukkan tanda-tanda seperti menggerakkan tubuh secara mendadak, mengepalkan tangan, dan mengisap tangan. Bayi pun akan ingin segera menyusu dan fokus menyusu pada Mama. Sebaiknya, Mama segera menyusui karena bayi yang lapar akan fokus menyusu, sedangkan bayi yang kelaparan justru akan lebih berpotensi menolak untuk menyusu.

Mam, inilah beberapa tips dari MamaBear agar bayi fokus menyusu pada Mama. Tips nomor berapa yang sudah pernah Mama coba lakukan?

Penulis: Fathiya Rahmah

Editor: Mega Pratidina

Source:

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/kesulitan-menyusui-bayi

https://kumparan.com/kumparanmom/tips-agar-bayi-tidak-gelisah-saat-menyusu-1uB2fVaiUAN/full

https://www.orami.co.id/magazine/bayi-tidak-mau-menyusu/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.