fbpx

Biasanya metode skin-to-skin atau kontak kulit ke kulit dilakukan saat bayi baru lahir pada proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Metode ini dilakukan dengan cara meletakkan bayi yang baru lahir dan masih telanjang (belum dimandikan / dibersihkan badannya) di atas dada Mama, sehingga terjadi kontak antara kulit Mama dengan si kecil. Menariknya, ini lebih dari sebatas membantu ASI cepat keluar setelah melahirkan. Metode ini juga bisa terus dilakukan selama masa tumbuh kembangnya untuk memberi  berbagai manfaat untuk Mama dan si kecil.

skin-to-skin

Menstimulasi Refleks untuk Menyusu

manfaat skin-to-skin

Skin-to-skin efektif membantu melancarkan proses mengASIhi. Jadi, melalui metode si kecil bisa memiliki refleks untuk menyusu di payudara Mama. Mulai dari meraba payudara, merangkak mendekati puting, menjilat dan memijat payudara, juga insting menghisap puting untuk menyusu.

Membangun Ikatan Batin yang Kuat

Studi membuktikan bahwa skin-to-skin bisa membangun ikatan batin yang kuat. Nggak cuma sama Mama aja, ya, ternyata Papa juga bisa melakukan metode ini bersama si kecil. Dengan begitu, si kecil akan merasa lebih aman dan nyaman berada di dekat kedua orang tuanya. Jadi, ajak Papa juga yuk buat sering-sering gendong si kecil sehingga metode ini bisa diterapkan.

Baca Juga : 6 Tanda Bayi Sayang Mama

Menurunkan Risiko Stres

Setelah melahirkan, ada banyak kebiasaan dan tanggung jawab baru yang harus Mama selesaikan. Padahal kondisi fisik belum sepenuhnya pulih. Ditambah si kecil yang masih beradaptasi di awal kehidupannya, tidak jarang Mama bisa merasa kelelahan & juga stres. Menariknya, dengan melakukan metode ini bersama si kecil Mama bisa merasa lebih tenang. Ini disebabkan, insting protektif Mama menyatakan kalau si kecil berada dalam zona paling aman, dan membuat Mama merasa relax juga. 

Tidur Si Kecil Jadi Lebih Nyenyak

manfaat skin-to-skin untuk bayi

Meski terlihat sepele ternyata metode ini juga bisa membantu si kecil tidur lebih nyenyak. Ini dipengaruhi oleh menurunnya hormon kortisol (hormon pemicu stres pada bayi) setelah terjadinya kontak kulit ke kulit. Hasil penelitian dari Official Journal of the American Academy of Pediatrics juga menunjukkan kalau setelah kontak kulit ke kulit bayi lebih tenang dan jarang menangis di malam hari.

Menjaga Kestabilan Suhu Tubuh

Dekapan Mama dan Papa bisa membuat si kecil merasa lebih hangat. Sebaliknya, saat cuaca sedang panas, dekapan ini juga efektif mendinginkan tubuh si kecil saat merasa kepanasan. Pada bayi yang baru lahir, Metode ini dianjurkan sering dilakukan sebab masih kesulitan dalam mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Terlebih suhu kulit Mama mirip dengan saat ia masih berada di kandungan, maka dengan aktivitas ini dapat membantu si kecil merasa lebih mudah beradaptasi setelah dilahirkan ke dunia.

Mendukung Pertumbuhan Bakteri Baik

Jarang diketahui, ternyata kontak kulit ke kulit antara Mama dan si kecil mampu mendukung pertumbuhan bakteri baik. Kok bisa? Gimana caranya? Gini Mam, ketika si kecil berada dalam dekapan Mama, ia bisa mendapatkan bakteri baik dari tubuh Mama. Bakteri inilah yang melindungi tubuh si kecil dari bakteri patogen di sekelilingnya terutama ketika baru dilahirkan.

Meningkatkan Berat Badan Si Kecil

Satu lagi, Mam, manfaat skin-to-skin yang wajib Mama tahu, yaitu meningkatkan berat badan si kecil. Hasil penelitian dari Cochrane Library menunjukkan bahwa metode ini membantu si kecil nyaman menyusu, tidak mudah menangis dan rewel, sehingga ia bisa mencapai berat badan yang ideal sesuai dengan penambahan usianya.

Keren banget, ya, manfaat yang bisa didapat dari metode ini! Jadi, hari ini Mama sudah mendekap si kecil berapa kali?

Selagi berupaya untuk terus menyusui si kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama.

Source:

https://babygooroo.com/articles/10-benefits-of-skin-to-skin-contact
https://www.healthline.com/health/baby/skin-to-skin
https://www.babycentre.co.uk/a25017209/skin-to-skin-with-your-baby
Chat with us via Whatsapp