fbpx

Menyusui merupakan fase penting yang Mama lalui setelah melahirkan. Di fase ini, Mama akan menemukan banyak pengalaman dan pengetahuan baru tentang menyusui. Nggak jarang, banyak di antaranya justru merupakan “kejutan” untuk Mama.  Nah, salah satu ilmu baru dari menyusui adalah tentang fakta menyusui yang menarik untuk Mama ketahui. Apa saja ya fakta menyusui yang bisa jadi info baru untuk Mama? Teruskan membaca artikel ini ya.

Fakta Menyusui yang Perlu Mama Ketahui

1. Posisi Menentukan Prestasi

Tahukah Mama bahwa posisi dapat mempengaruhi kelancaran dari proses menyusui ini? Fakta menyusui yang pertama. Posisi menyusui yang tepat akan membuat si kecil mudah melekat dan maksimal mendapatkan ASI. Selain itu, Mama juga terhindar dari puting lecet dan rasa sakit saat menyusui.

Untuk itu, memastikan si kecil dan Mama dalam keadaan nyaman saat menyusui penting untuk diperhatikan. Si kecil menghadap ke badan Mama, dengan posisi perut menyentuh perut Mama. Sebaiknya, hindari menyusui dengan posisi kepala si kecil menoleh ke samping ke payudara. Ini akan membuat si kecil tidak nyaman saat menyusu.

Berikutnya, pastikan pelekatan si kecil sudah tepat. Mulut bagian bawah terlipat keluar dan sebagian besar areola Mama masuk ke mulut si kecil. Ini akan membantu si kecil mendapatkan ASi dengan maksimal dan Mama terhindar dari puting lecet.

2. Menyusui Makin Lancar Saat Happy

Mama yang happy membesarkan anak yang happy juga. Fakta menyusui satu ini menjelaskan kaitan psikologis Mama dengan kelancaran ASI. Menyusui melibatkan 2 hormon, yaitu prolaktin dan oksitosin. Hormon oksitosin dapat bekerja efektif saat Mama rileks dan merasa bahagia. Kebalikannya, jika Mama merasa sedih dan banyak memiliki perasaan negatif, pengeluaran ASI menjadi terhambat karena jumlah oksitosin menjadi sedikit.

3. Menyusui Meningkatkan Ikatan Mama dengan Si Kecil

Adanya sentuhan kulit ke kulit ketika menyusui membuat Mama dan si kecil berbagi tidak hanya ASI, tapi juga kasih sayang dan cinta. Inilah yang membuat si kecil juga jadi sangat dekat dengan Mama dan maunya sama MAma terus. Mama juga menemukan kenyamanan saat dekat-dekat dengan si kecil. Ikatan batin pun semakin kuat dalam proses ini.

4. Si Kecil Mengosongkan 67%  ASI dari Payudara

Hisapan si kecil adalah pompa ASi terbaik yang bisa mengosongkan payudara. Namun ternyata, fakta menyusui yang mengejutkan adalah ASI maksimal dikosongkan oleh hisapan terbaik ini hanya sebesar 67%. 33% sisanya masih terdapat dalam payudara dan dalam proses isi ulang kembali. Artinya ASI tidak pernah habis di dalam payudara, Payudara Mama ibaratnya seperti lautan. Mengosongkan payudara sama seperti mengosongkan lautan.

5. Menyusui di Malam Hari Sangat Istimewa

Pada malam hari menyusui menjadi istimewa karena beberapa hal. Pertama, hormon prolaktin, yang memproduksi ASI, sedang dalam jumlah yang tinggi di malam hari, utamanya di antara pukul 00.00 sampai 05.00 pagi. Sehingga produksi ASI juga sedang banyak-banyaknya. Ajaibnya, si kecil sangat pintar untuk mengetahui hal ini. Makanan favoritnya sedang banyak-banyaknya. Inilah kenapa si kecil juga jadi semakin sering menyusu.

Kedua, menyusui di malam hari memenuhi 20% kebutuhan harian ASI si kecil. Mama yang bekerja di pagi hingga sore hari dan si kecilnya tidak banyak minum ASI perah tidak perlu khawatir. Karena biasanya si kecil akan menyusu sepuasnya di malam hari saat sudah bersama Mama.

Ketiga, istimewanya fakta menyusui di malam hari adalah ASI malam hari mengandung lebih banyak melatonin yang membantu si kecil tidur lebih nyenyak. Meski terasa berat menyusui di malam hari karena harus melawan rasa kantuk, nggak nyangka menyusui bisa seistimewa ini.

6. Kandungan Zat Besi Dalam ASI Sesuai dengan Kebutuhan Bayi

Fakta menyusui berikutnya yang tak kalah penting yaitu tentang kandungan zat besi dalam ASI Mama. Faktanya, ASI Mama sudah cukup lho untuk memenuhi kebutuhan zat besi bayi. Jadi Mama tidak perlu khawatir kalau bayi Mama akan kekurangan zat besi.

7. Mama Kehilangan Banyak Kalori Saat Menyusui

Fakta menyusui berikutnya mungkin membuat Mama senang. Saat Mama menyusui bayi, Mama kehilangan 300 hingga 500 kalori loh. Ini setara dengan jogging atau berenang selama 1 jam.

8. Menyusui Menstimulasi Indera Si Kecil

Fakta menyusui berikutnya adalah si kecil dapat belajar Montessori dengan mengembangkan kemampuan semua inderanya lewat menyusui. Saat baru lahir, indera penglihatannya distimulasi dengan melihat bagian gelap payudara Mama, yaitu areola. Momen IMD dimana si kecil merayap mencari puting menstimulasi indera penciumannya agar si kecil mendekati areola. Indera perabanya terstimulasi lewat sentuhan tangannya di kulit Mama, di payudara Mama, merasakan tekstur rambut Mama, atau meraba area wajah Mama. Indera pendengarannya terlatih mendengar suara Mama yang ia hafal sejak dalam kandungan. Suara yang membuat si kecil langsung tenang dan nyaman. Terakhir, indera perasanya terstimulasi dengan rasa ASI yang berubah-ubah sesuai dengan apa yang Mama makan. SI kecil jadi memiliki banyak referensi rasa yang pelajari.

Itulah Mam, beberapa fakta menyusui yang sangat menarik tentang menyusui. Dapatkan info seputar ASI dan menyusui pada artikel lain di website mamabear.co.id, sosial media Instagram @mamabearid, Tiktok @mamabear_id, dan Youtube channel MamaBear Pelancar ASI.

Penulis: Nafisatul Umah

Editor: Mega Pratidina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.