fbpx

Bagi Working Mom, mendekati habisnya masa cuti melahirkan adalah momen yang paling mendebarkan. Apalagi kalau belum ada persiapan menyusui yang matang. Di saat seperti ini, Mama pasti membutuhkan tips menyusui working Mom tanpa drama ya, kan.

Persediaan ASI perah (ASIP) sangat penting karena ini makanan utama si Kecil saat Mama kembali bekerja nanti. Nggak mau dong, udah mau balik kerja, pas ngecek kulkas, stok ASIP kosong melompong. Hmm, lalu gimana ya caranya biar menyusui lancar dan minim drama saat balik kerja? Yuk, simak tips berikut ini!

1. Bangun supply ASI yang baik

Di awal kelahiran bayi, sebaiknya Mama fokus menyusui secara langsung. Tujuannya untuk membiasakan posisi mulut bayi melekat dengan benar. Pelekatan yang benar bisa membantu Mama agar dapat menyusui dengan lancar. Kalau proses menyusui lancar, supply ASI akan terbangun dengan baik.

Seperti halnya prinsip supply and demand, artinya semakin bayi sering menyusu, produksi ASI akan semakin banyak. Kok bisa? Saat menyusu langsung air liur bayi akan memberi sinyal pada tubuh Mama untuk produksi ASI.

Jadi, tips menyusui working Mom yang pertama, kalau setelah melahirkan, ASI Mama belum keluar, jangan khawatir. Tetap susui bayi sesering mungkin ya, Ma, agar supply ASI semakin meningkat. 

2. Belajar tentang manajemen ASIP 

Tips menyusui working Mom selanjutnya, Mama bisa rutin pumping kira-kira 2 minggu sebelum cuti habis. Awalnya, Mama bisa pumping di salah satu payudara saat menyusui langsung.

Selain itu pumping di waktu-waktu, seperti saat bayi tidur, di antara jadwal menyusu bayi atau pumping di awal hari. Agar terbentuk ritme pumping untuk menciptakan permintaan ASI. 

Pelajari juga cara menyimpan ASIP yang benar, Ma. Setelah pumping, masukan ke dalam botol atau kantong ASI. Pastikan pilih botol atau kantong ASI bebas dari BPA biar aman untuk si Kecil. Setelah itu, beri label keterangan jam dan tanggal, langsung simpan deh di freezer. 

Baca juga: 10 Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga untuk Working Mom

3. Hindari pemakaian dot saat memberikan ASIP 

Memilih media pemberian ASIP juga penting lho, Ma. Hindari pemakaian dot karena dapat menyebabkan bayi bingung puting dan tidak mau menyusu langsung ke payudara Mama. Sebaiknya pilih media pemberian ASIP yang minim risiko seperti cup feeder, pipet ataupun sendok.  

4. Disiplin jadwal pumping

ASI Tidak Keluar saat Pumping Image MamaBear

Saat bekerja, Mama menggantikan sesi menyusui langsung dengan memerah ASI. Waktu ideal memerah ASI adalah sekitar 2-3 jam sekali sesuai kebutuhan minum bayi. Tips menyusui working Mom agar disiplin pumping adalah dengan mengatur alarm pengingat di hp setiap kali jadwal pumping tiba.

Jika sudah di rumah bersama si Kecil, utamakan menyusui secara langsung ya, Ma. Cara ini dapat menjaga produksi ASI Mama tetap stabil. Berikut ini adalah jadwal pumping dan menyusui yang bisa Mama coba : 

  • 07.00 (menyusui bayi secara langsung sebelum pergi bekerja)
  • 10.00 (pumping saat jam kerja)
  • 12.30 (pumping saat jam istirahat)
  • 14.30 (pumping saat jam kerja)
  • 16.30 (pumping sebelum pulang kerja)
  • 18.00 (menyusui langsung sepulang bekerja)
  • Sepanjang waktu menyusui langsung sesuai permintaan si Kecil saat sudah di rumah
  • Pukul 21.00 (pumping sebelum tidur)
  • Antara pukul 00.00 – 05.00 (pumping saat prolaktin tinggi, lalu sisanya menyusui langsung)

Baca juga : Contek Ini, Yuk! Jadwal Pumping Working Mama

5. Konsumsi ASI booster 

Terakhir, tips menyusui working Mom adalah konsumsi ASI booster. ASI booster merupakan makanan laktogenik atau jenis makanan yang mengandung galaktagog, yaitu senyawa pada tanaman yang dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Seperti susu almond dan susu kedelai.

Itu tadi tips menyusui minim drama ala working Mom. Gimana udah siap balik kerja lagi, Ma? Semangat mempersiapkan proses menyusui si Kecil dengan sebaik-baiknya ya, Ma.

Dapatkan juga informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources: 

1. Bagaimana Tips untuk Ibu Bekerja Agar Pemberian ASI Eksklusif Mampu Jalan Terus? https://promkes.kemkes.go.id/?p=8926 (diakses 25/09/2023)

2. Pumping Schedule Samples and How to Create the Right One for You. URL: https://www.healthline.com/health/breastfeeding/pumping-schedule#sample-schedules (diakses 25/09/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.