fbpx

ASI merupakan makanan utama bayi yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam ASI terkandung berbagai nutrisi, salah satunya lemak. Lalu, bagaimana cara memperoleh lemak dalam ASI secara maksimal? Ini dia tips dan triknya, Ma.

Cara Mendapat Lemak ASI untuk Bayi Secara Maksimal

Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk meningkatkan kandungan lemak dalam ASI, antara lain:

1. Memperhatikan interval dan durasi waktu

4 - tips dan trik memberikan lemak dalam asi secara maksimal (6)

Pertama, Mama perlu memperhatikan interval dan durasi waktu menyusui. Susui bayi sesering dan semau bayi dengan durasi kurang lebih 20 menit di satu payudara. Selain membuat pengosongan payudara lebih maksimal, bayi bisa mendapatkan foremilk dan hindmilk sekaligus, Ma…

2. Teknik Menyusui Langsung

Tips selanjutnya, sebelum menyusui secara langsung, Mama bisa lebih dahulu memerah payudara agar saat si Kecil menyusu, si Kecil dapat memperoleh lemak dalam ASI dengan lebih maksimal.

4 - tips dan trik memberikan lemak dalam asi secara maksimal (3)

3. Teknik Pemberian ASIP

Perlu Mama ketahui, kandungan lemak dalam ASI perah biasanya akan terpisah ketika disimpan. Lemak ini terpisah dengan lainnya di bagian teratas sendiri. Mama bisa memisahkan ke wadah yang lain dan memberikan bayi lemak ASI terlebih dahulu.

4 - tips dan trik memberikan lemak dalam asi secara maksimal (1)

4. Memperhatikan asupan makanan Mama

Bila ingin memberikan lemak dalam ASI secara maksimal, Mama juga harus memperhatikan asupan makanan, ya. Konsumsi produk Mamabear seperti Kukis Almond Oat, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan, ayam, serta ikan.

4 - tips dan trik memberikan lemak dalam asi secara maksimal (2)

5. Pumping Hacks

Tips lain yang bisa Mama lakukan adalah melakukan pumping hacks. Pumping hacks ini bisa dilakukan dengan mengguncang secara lembut payudara sebelum menyusui.

Fungsi dari mengguncang payudara adalah untuk melepaskan lemak yang tertimbun di alveoli, sehingga kandungan lemak dapat terisap keluar sejak menit-menit awal menyusui.

4 - tips dan trik memberikan lemak dalam asi secara maksimal (4)

Nah, itulah tips dan trik memperoleh lemak dalam ASI. Tentunya, setiap Mama berharap agar tetap bisa mengASIhi si Kecil hingga dua tahun. Yang terpenting adalah Mama harus tetap happy agar produksi ASI tetap lancar ya, Ma.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. How to Make Breast Milk Fattier: 7 Tips You Should Know. URL: https://thebreastfeedingmama.com/how-to-make-breast-milk-fattier/ (diakses 29/09/2023)

2. 6 Cara agar ASI Banyak dan Kental yang Bisa Dilakukan. URL: https://www.sehatq.com/artikel/cara-agar-asi-banyak-dan-kental-yang-bisa-dilakukan (diakses 29/09/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.