fbpx

Quality time penting untuk menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga. Di saat Papa dan Mama bekerja keluar rumah dan mengurus kegiatan rumah tangga, sedangkan anak bersekolah, tentu mereka akan membutuhkan waktu untuk berkumpul bersama-sama.  

Banyak manfaat apabila Mama dan Papa dapat melakukan quality time bersama keluarga, salah satunya adalah kedekatan Papa dan Mama bersama anak. Kira-kira, bagaimana ya cara memanfaatkan waktu untuk quality time bersama keluarga?

Definisi Quality Time

Dilansir dari Very Well Mind, quality time adalah salah satu aktivitas yang menitikberatkan pada momen kebersamaan. Saat Mama dan Papa melakukan quality time bersama keluarga, fokuskan pada kegiatan bersama keluarga tanpa diganggu dengan fokus yang lain, gadget misalnya. 

Tips Menjalankan Quality Time dengan Tepat

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur jadwal keluarga Mama dan Papa sambil menciptakan quality time bersama:

  1. Membangun Waktu Reguler Bersama Keluarga

Tips menciptakan quality time yang pertama adalah membangun waktu reguler bersama keluarga. Apakah Mama dan Papa sudah menyisihkan satu waktu dalam seminggu untuk keluarga? Menetapkan waktu khusus untuk rutin quality time akan membuat kenangan berkesan pada masing-masing anggota keluarga.

Ketika Mama dan Papa meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, anak-anak bisa mempelajari hal baru dengan melibatkan Papa Mamanya. Ini baik untuk menumbuhkan bonding di antara anggota keluarga.

  1. Membiarkan Anak  Memilih Aktivitas Kesukaannya

Setiap individu yang masih muda terkadang mempunyai rasa ingin mengembangkan minat dan impian tertentu yang akan mereka tuju. Tetapi, banyak juga dari keinginan orang tua yang tidak sesuai dengan keinginan anak. Ini dapat menyebabkan perbedaan antara orang tua dan anak.

Dengan adanya quality time dapat memberikan kesempatan untuk mendiskusikan keinginan orang tua dengan kemauan anak. Sebisa mungkin, berfikir terbukalah menjadi orang tua dan memberikan anak kesempatan untuk melakukan apa yang dia inginkan.

  1. Membagi Tugas Pekerjaan Rumah Tangga

Membagi tugas pekerjaan rumah tangga dapat menciptakan kebersamaan yang harmonis. Mama dan Papa bisa melibatkan anak-anak dalam pemabagian tugas ini.  

Dilansir dari The Asian Parent,  ada rekomendasi tugas pekerjaan rumah tangga yang dapat dilakukan oleh anak Mama dan Papa ketika berusia 2 hingga 15 tahun. 

  • Tugas Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Berusia 2-5 tahun

Beberapa tugas pekerjaan ringan untuk anak usia 2-5 tahun contohnya seperti mengembalikan mainan pada tempat yang sudah ditentukan dan belajar menyiram tanaman bersama orang tua.

  • Tugas Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Berusia 6-10 tahun

Beberapa tugas pekerjaan ringan untuk anak usia 6-10 tahun adalah membersihkan tempat tidur,  menyiapkan peralatan sekolah sendiri, membersihkan peralatan makan, dan membantu orang tua menyiapkan bahan masakan

  • Tugas Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Berusia 11-15  tahun

Beberapa tugas pekerjaan rumah tangga untuk anak usia 11-15 tahun adalah membersihkan lantai, mencuci pakaian sendiri, memasak, dan merapikan  kamar tidur.

Papa dan Mama bisa memberikan hadiah kepada anak sebagai bentuk penyemangat dan juga penghargaan atas bantuannya membantu melaksanakan tugas pekerjaan rumah tangga. 

  1. Saling Mendukung Antar Keluarga

Tips quality time berikutnya adalah saling mendukung antar keluarga. Misalnya ketika salah satu anggota keluarga berpartisipasi pada acara olahraga atau seni, anggota keluarga lainnya bisa menyempatkan waktu untuk datang dan memberi support. Carilah waktu yang tepat agar semua bisa sama-sama senang tanpa harus mengorbankan kepentingan masing-masing.

  1. Menjadwalkan Liburan Bersama Keluarga

Menjadwalkan liburan bersama keluarga dapat dilakukan pada momen-momen sederhana juga kok. Saat liburan akhir pekan, libur tanggal merah, atau liburan sekolah, Mama dan Papa bisa mengajak anak-anak berwisata alam, atau sesederhana mengunjungi kerabat di kota lain. Silaturahmi mengajarkana anak untuk saling menyayangi keluarganya yang lain. Tempat-tempat liburan seperti kebun binatang, pameran, dan pasar malam juga bisa menjadi pilihan memanfaatkan waktu libur bersama.

Kalau cuma ingin di rumah aja gimana?

Bisa dong…

Mama dan Papa bisa tetap melakukan quality time bersama kekuarga dengan menonton film di televisi, bersih-bersih rumah, ataupun masak dan makan bersama di rumah.

Penting bagi setiap orang dalam keluarga untuk menikmati quality time. Ini bermanfaat untuk mengurangi rasa jenuh dan menciptakan keharmonisan kembali.  Selamat menikmati quality time bersama keluarga, Ma, Pa..

Writer: Fabian Roshan

Editor: Mega Pratidina

Resources:

How to Create Quality Time With Your Family (verywellfamily.com)

spending-quality-time-family-best-way-show-love(sg.theasianparent.com)

How the Quality Time Love Language Impacts Your Relationship (verywellmind.com/ )

Daftar Pekerjaan Rumah Yang Bisa Dilakukan Anak Usia 2-15-tahun (https://id.theasianparent.com/ )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.