fbpx

Memang rezeki itu bisa tidak disangka-sangka datangnya. Di tengah perjalanan menyusui si Kecil ternyata Mama dianugerahi buah hati lagi dan akhirnya menyusui 2 anak sekaligus. Pernah mengalami ini juga kah Ma? Ini lho yang disebut dengan tandem nursing. Bisa dipahami kalau selama tandem nursing, menyusui dua anak sekaligus butuh waktu dan tenaga ekstra untuk melakukannya, ya Ma..

Tandem nursing memang tidak mudah, Ma, namun bukan berarti tidak bisa. Karena ternyata banyak manfaat dari tandem nursing yang sayang jika dilewatkan. Yuk simak ulasan seputar tandem nursing berikut, Ma!

Manfaat Tandem Nursing

  1. Anak sulung tetap memiliki kesempatan untuk menyusu sampai usia minimal 2 tahun, karena menyusui berperan penting dalam tumbuh kembang anak;
  2. Tandem nursing mampu mencegah persaingan, membantu mengurangi kecemburuan, dan membentuk bonding antara si sulung dan si bungsu;
  3. Anak sulung dapat membantu mengatasi masalah pada beberapa hari pertama setelah melahirkan, seperti payudara bengkak atau ASI tersumbat;
  4. Antibodi dan bahan penting lainnya dalam ASI akan membantu mencegah penyebaran penyakit meskipun salah satu anak sedang sakit.

Tips Tandem Nursing

  1. Tetap terhidrasi dan makan makanan seimbang dengan kalori yang cukup untuk mendukung pemberian makan bersama

Lengkapi kebutuhan nutrisi Mama dengan makan makanan bergizi seimbang agar tubuh Mama ternutrisi dan ASI cukup untuk kedua anak Mama. Mama mungkin akan membutuhkan lebih banyak kalori daripada menyusui satu anak. Jika diperlukan, Mama juga disarankan mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral tambahan. Mengkonsumsi Zoya Mix atau Almon Mix MamaBear bisa menjadi solusi praktis untuk memenuhi nutrisi harian Mama.

  1. Menyesuaikan diri dengan pola menyusui tandem nursing

Anak bungsu yang baru lahir akan membutuhkan waktu untuk belajar menyusu, anak sulung juga akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan adanya si bungsu, sehingga penting bagi Mama untuk berlatih dengan posisi yang paling nyaman selama tandem nursing. Bisa dengan football hold yaitu bayi berbaring telentang di atas bantal, menyusu di payudara kanan dengan kaki di bawah lengan kanan Mama atau dengan cradle hold yaitu Mama menggendong bayi di lengan dengan kepala bayi di sudut siku dan kaki diletakkan di atas perut Mama.

  1. Utamakan anak yang baru lahir

Jika Mama sedang menyusui anak baru lahir dan anak balita, sebaiknya Mama memprioritaskan untuk menyusui anak yang baru lahir karena ASI merupakan satu-satunya sumber makanan mereka. Eits, tapi jangan mengesampingkan si balita ya, Ma. Karena keduanya sama-sama membutuhkan ASI untuk tumbuh kembangnya. Menyusui dua anak tidak perlu membuat Mama risau terkait persediaan ASI ya, Ma. Ada cukup ASI untuk kedua anak karena lebih banyak ASI yang dikeluarkan pada saat yang sama, artinya produksi ASI Mama juga semakin meningkat dan banyak. Komposisi ASI-pun akan menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan anak yang baru lahir dan anak yang lebih besar, keduanya akan menerima manfaat yang sama. Ajaibnya, kedua payudara Mama bisa memproduksi ASI yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak yang sedang menyusu.

Tandem nursing adalah hal yang mungkin tidak mudah. Namun, ini bisa menjadi pengalaman berharga untuk Mama. Selain bisa mempererat bonding Mama dengan anak-anak, tandem nursing juga bisa mempererat bonding kakak dan adik. Siapa Mama di sini yang sedang di fase tandem nursing? Ceritain pengalaman Mama dong.

Dapatkan informasi seputar ASI dan menyusui, Mama bisa mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Nantikan update artikel informatif dan menarik lainnya, ya, Ma!

Writer: Dinda Aisya

Editor: Mega Pratidina

Source:

How Tandem Nursing Birthed Me as a Mother of Two (kellymom.com)

Tandem Nursing: a Review and Guidelines (freelibrary.org)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.