fbpx

Traveling bersama bayi adalah pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang. Mama harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik agar bayi tetap nyaman dan tidak rewel selama perjalanan. Apalagi jika bayi masih menyusu, Mama perlu ekstra persiapan nih. Hmm, apa ada tips traveling bersama bayi anti rewel? Simak tips-tips berikut ini agar liburan Mama bersama bayi tetap seru dan asyik!

8 Tips Traveling bersama Bayi Anti Rewel

Inilah beberapa tips traveling bersama bayi anti rewel yang bisa Mama coba, yaitu:

1. Memilih Transportasi yang Nyaman

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan bayi selama perjalanan adalah jenis transportasi yang digunakan. Mama sebaiknya memilih transportasi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan bayi.

Jika Mama ingin naik pesawat, Mama bisa memilih maskapai yang memiliki fasilitas ramah anak, seperti ruang ganti popok, makanan bayi, hingga kursi khusus. Jika Mama ingin naik kereta api atau mobil pribadi, pastikan ada ruang yang cukup untuk bayi bergerak dan bermain.

2. Mengatur Jadwal Perjalanan yang Tepat

Selain transportasi, tips traveling bersama bayi anti rewel adalah memilih waktu perjalanan yang tepat. Jangan memaksakan pergi jika bayi sedang tidak fit atau sakit ya, Mam. Hal ini bisa membuat bayi rewel sepanjang perjalanan dan memperburuk kondisinya.

Pastikan bayi dalam keadaan sehat dan bugar saat Mama merencanakan liburan. Mama juga bisa menyesuaikan jadwal perjalanan dengan pola tidur dan makan bayi, agar tidak mengganggu ritmenya.

3. Menyiapkan Semua Kebutuhan Bayi

Tips traveling bersama bayi anti rewel berikutnya, Mama perlu membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan bayi selama liburan. Pilihlah barang-barang yang praktis dan penting, seperti pakaian, popok, camilan, mainan, dan selimut.

Hindari membawa barang yang terlalu banyak dan berat, karena akan menyulitkan Mama untuk menjaga bayi dan barang bawaan.

Jangan lupa juga membawa peralatan kesehatan dan obat-obatan pribadi, seperti termometer, tabir surya, krim anti-nyamuk, obat penurun demam, obat alergi, dan vitamin. Hal ini berguna untuk mengantisipasi jika bayi mengalami masalah kesehatan di tempat tujuan.

4. Menyusui Semau Bayi Tanpa Dijadwal

Bayi rewel bisa jadi karena over stimulasi, lho, Mam. Melansir laman Klik Dokter, sering kali bayi mengalami over stimulasi pada beberapa momen tertentu, seperti saat traveling. Hal ini bisa diatasi dengan menyusui. Selain itu, menyusui bisa bantu bayi lebih hangat waktu liburan ke tempat dingin. Sehingga ia merasa lebih nyaman.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat traveling bersama bayi yang masih menyusu adalah waktu untuk menyusui. Mama perlu memastikan bayi mendapatkan ASI yang cukup dan teratur, sesuai dengan jadwal dan kebutuhannya. Penting untuk menyusui semau bayi tanpa dijadwal ya, Mama..

5. Memakai Baju Menyusui yang Nyaman

Tips traveling anti rewel bersama bayi selanjutnya adalah memakai baju menyusui yang nyaman. Baju menyusui yang nyaman akan memudahkan Mama untuk membuka dan menutup bagian dada saat menyusui, tanpa harus melepas seluruh baju.

Baju ini disebut baju busui friendly akan membuat Mama dan bayi merasa lebih sejuk dan tidak gerah, terutama di tempat yang panas dan lembap. Mama bisa memilih baju menyusui yang terbuat dari bahan yang lembut, ringan, dan menyerap keringat, seperti katun atau rayon.

6. Membawa Perlengkapan Menyusui yang Praktis

Selain baju menyusui yang nyaman, Mama juga perlu membawa perlengkapan menyusui yang praktis saat traveling bersama bayi yang masih menyusu agar anti rewel.

Perlengkapan menyusui yang praktis akan membantu Mama untuk menyusui dengan lebih mudah dan higienis, tanpa harus repot membawa barang-barang yang berat dan banyak. Beberapa perlengkapan menyusui yang praktis yang bisa Mama bawa adalah:

  • Nursing cover, untuk menutupi bagian dada saat menyusui di tempat umum. Pilihlah nursing cover yang terbuat dari bahan yang tipis dan ringan, agar tidak membuat Mama dan bayi kepanasan.
  • Breast pad, untuk menyerap ASI yang bocor dari payudara saat Mama tidak menyusui. Pilihlah breast pad yang terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap, agar tidak membuat payudara Mama lecet atau iritasi.
  • Pompa ASI, untuk memompa ASI saat Mama tidak bisa menyusui langsung, misalnya karena jarak atau kondisi. Pilihlah pompa ASI yang mudah digunakan dan dibersihkan, serta yang berukuran kecil dan ringan, agar mudah dibawa dan disimpan.
  • Cooler bag, untuk menyimpan ASI yang sudah dipompa. Pilihlah tempat menyimpan ASI perah yang terbuat dari bahan yang aman dan bebas BPA, agar tidak mengandung zat berbahaya yang bisa merusak kualitas ASI.

Baca juga: 6 Perlengkapan Ibu Menyusui yang Perlu Dimiliki

7. Menjaga Kesehatan dan Produksi ASI

Tips traveling anti rewel bersama bayi yang masih minum ASI yang terakhir adalah menjaga kesehatan agar produksi ASI Mama tetap lancar. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan Mama saat traveling adalah:

  • Minum air putih yang cukup, untuk menjaga produksi ASI agar tetap lancar dan tidak dehidrasi. Mama bisa membawa botol air minum sendiri, atau membeli air minum kemasan yang terjamin kebersihannya.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi, untuk menjaga nutrisi ASI agar tetap terpenuhi dengan baik. Mama bisa membawa makanan sendiri, atau memilih makanan yang higienis dan aman di tempat tujuan. Hindari makanan yang bisa menyebabkan alergi atau gangguan pencernaan pada bayi, seperti makanan pedas, asam, atau berbau.
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui, untuk mencegah penularan kuman atau bakteri dari tangan Mama ke payudara atau mulut bayi. Mama bisa menggunakan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%.
  • Mengganti breast pad secara rutin, untuk menghindari kelembapan dan bau yang tidak sedap pada payudara. Mama juga bisa menggunakan krim atau salep yang mengandung lanolin, untuk melembapkan dan menyembuhkan puting payudara yang kering atau pecah-pecah selama liburan.

Baca juga: Overthinking Bikin ASI Seret, Ini Cara Mencegahnya!

8. Memberikan Perhatian dan Hiburan untuk Bayi

Tips terakhir traveling bersama bayi anti rewel adalah memberikan perhatian dan hiburan yang cukup untuk bayi. Pastikan bayi merasa nyaman, aman, dan bahagia selama perjalanan. Caranya bisa dengan memberikan pelukan, ciuman, atau sentuhan lembut untuk menenangkan bayi.

Mama juga bisa memberikan hiburan yang sesuai dengan usia dan minat bayi, seperti buku, lagu, video, atau permainan interaktif. Dengan begitu, bayi tidak akan mudah bosan dan rewel, dan Mama bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan lebih menyenangkan.

Itulah 8 tips traveling bersama bayi anti rewel. Kalau Mama sudah mencoba tips di atas, jangan lupa share pengalaman Mama di kolom komen, yaaa. Selamat liburan!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearidTikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Kenali Tanda-Tanda Bayi Overstimulasi dan Cara Mengatasinya. URL: https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-bayi/kenali-tanda-tanda-bayi-yang-mengalami-overstimulasi (diakses 17/12/2023)

2. Agar Tak Rewel, Begini Tips Membawa Bayi Jalan-Jalan. URL: https://www.halodoc.com/artikel/agar-tak-rewel-begini-tips-membawa-bayi-jalan-jalan (diakses 17/12/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.