fbpx

Ngga jarang Mama yang sudah mendekati HPL merasa takut menghadapi persalinan. Tapi, hal ini dapat diatasi dengan bersiap baik secara mental maupun fisik. Mendekati waktu melahirkan, ada berbagai cara berbeda yang bisa digunakan Mama untuk melahirkan si Kecil. 

Beberapa Mama mungkin akan memilih untuk melahirkan secara alami tanpa obat pereda nyeri, dan ada beberapa Mama yang juga memilih menggunakan metode operasi caesar. Seiring dengan perkembangan zaman, maka akan semakin banyak pula cara atau metode yang membantu para bumil ketika memasuki fase persalinan agar meminimalisir rasa sakit. Salah satunya adalah dengan metode gentle birth. 

Pengertian Gentle Birth Secara Umum

Metode gentle birth adalah cara untuk memberikan kelahiran yang tidak terlalu traumatis bagi Mama dan si Kecil. Bagaimana sebenarnya cara untuk melakukan metode gentle birth saat melahirkan si Kecil?  Hal ini dapat dicapai melalui berbagai metode, termasuk memilih rumah sakit yang tepat, mengikuti kelas pendidikan melahirkan, dan menggunakan terapi seperti akupunktur. Pada Saat ini, gentle birth merupakan salah satu metode yang semakin populer di kalangan bumil dan mulai diterapkan beberapa bidan di kliniknya.

Metode Gentle Birth Menurut Ahli

Dilansir melalui Dr. Marie Gowri Motha, metode gentle birth merupakan suatu metode melahirkan yang dipercaya dapat memberikan ketenangan saat melahirkan dan meminimalisir rasa sakit. Metode gentle birth ini pertama kali dikemukakan oleh Dr Marie Gowri Motha pada tahun 1986. Metode gentle birth ini berguna untuk membantu dan memandu para Mama untuk melalui kehamilan mereka. Ini menyatukan berbagai teknik perawatan termasuk Creative Healing Massage (pijatan yang bekerja pada garis fisik dan energik tubuh), Refleksi, terapi Craniosacral dan pijat Postnatal.

Seiring berjalannya waktu, metode ini telah disempurnakan selama bertahun – tahun dan akhirnya dapat memberi Mama kemampuan dan kepercayaan diri bahwa mereka dapat melahirkan dengan tenang dan intim. Tahukah Mama? Menurut Hellosehat, Mama yang mengalami ketakutan saat melahirkan justru dapat membuat proses kelahiran menjadi lebih menyakitkan. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon stres sehingga dapat memperlambat kemampuan Mama saat melahirkan sehingga terasa lebih menyakitkan. Sebaliknya, melahirkan dengan pikiran tenang dan positif justru dapat memudahkan Mama saat melahirkan dan proses melahirkan akan lebih lancar. Disinilah metode gentle birth diperlukan agar Mama rileks dan tenang ketika melahirkan si Kecil.

Gentle birth inilah yang kemudian memudahkan Mama dalam melahirkan, baik proses persalinan normal maupun operasi caesar. Kunci untuk menggunakan metode gentle birth adalah mengajarkan diri sendiri tentang pilihan terbaik untuk Mama dan si Kecil. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti kelas pendidikan melahirkan, berbicara dengan doula atau pendamping persalinan, rajin membaca dan mencari informasi lebih lanjut tentang rencana kelahiran Mama.

Apa yang Harus Dipersiapkan Ketika Ingin Menggunakan Metode Gentle Birth?

Ketika Mama ingin menggunakan metode gentle birth untuk kelahiran si Kecil, yang perlu Mama siapkan adalah pemenuhan asupan dan kebiasaan makan sejak awal kehamilan karena hal ini merupakan kunci sukses metode gentle birth. Sebaiknya, ketika ingin melaksanakan metode gentle birth, Mama dapat diet bebas gandum, bebas gula, dan bebas gluten selama empat minggu terakhir sebelum melahirkan. Mama dapat mengkonsumsi banyak nasi, jagung, sayuran, ikan, dan daging. 

Tahukah Mama? bermeditasi selama kehamilan juga ternyata dapat membantu Mama melahirkan dengan tenang, lho. Meditasi Kehamilan adalah kunci untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan yang mendukung berjalannya metode gentle birth yang baik dan benar. Ketika pikiran dan tubuh Mama mulai bekerja sama, hal ini akan menciptakan suasana yang bagus untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan Mama sebelum melahirkan. Dengan adanya hal tersebut, tentunya akan mengarah pada proses persalinan yang lebih lancar bagi Mama dan bayi. Ini juga membantu calon Mama untuk mengontrol ambang rasa sakitnya. Dengan berlatih meditasi selama kehamilan, Mama dapat mempersiapkan diri untuk persalinan dan bahkan menenangkan bayi yang baru lahir saat mereka di dalam kandungan.

Selain itu, hal yang perlu Mama lakukan adalah melatih pikiran positif. Berpikir positif merupakan salah satu cara yang turut membantu untuk menyukseskan metode gentle birth ini. Berpikir positif akan membantu Mama untuk menjadi lebih percaya diri ketika menghadapi persalinan. Mama hanya perlu melatih fokus untuk mendapatkan yang Mama inginkan agar persalinan lancar daripada mengkhawatirkan hal-hal yang Mama tidak inginkan terjadi. Untuk mendukung terciptanya pikiran positif pada saat melahirkan, Mama dapat membaca artikel ataupun mendengarkan berita kelahiran yang positif tentang kelahiran.

Sumber: verywellfamily

Metode Gentle Birth Untuk Wanita Karir

Wanita karir atau working mom lebih memiliki tingkat stres yang tinggi dibanding wanita yang tidak bekerja. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang memberikan tekanan kepada mama dapat menyebabkan stress yang ditandai meningkatnya kadar hormon stres kortisol pada Mama dan juga menyebabkan stres pada bayi baru lahir. Mama disarankan mengubah gaya hidup sejak awal kehamilan agar tubuh lebih rileks dan menghasilkan lebih banyak hormon bermanfaat seperti relaksin, endorfin, dan hormon lainnya.

Untuk mengurangi rasa stress yang timbul akibat pekerjaan, Mama bisa mencoba untuk mengatur pekerjaan agar lebih enteng dan tidak menimbulkan stress pada Mama yang sedang hamil. Selain itu, mungkin Mama juga dapat berdiskusi dengan atasan Mama agar pekerjaan bisa lebih fleksibel atau meminta pengurangan jam kerja dan bekerja dari rumah untuk menghilangkan stres terhadap pekerjaan di tahap akhir kehamilan.

Sumber: healthline

Pro dan Kontra Metode Gentle Birth

Walaupun ada yang setuju dan mendukung metode gentle birth, tapi ada juga yang tidak setuju dengan digunakannya metode gentle birth ini.  Orang – orang yang kontra biasanya beranggapan bahwa metode gentle birth ini lebih beresiko dibandingkan lahiran biasa. Hal ini karena ketika seorang Mama menggunakan metode gentle birth, biasanya lahiran dilakukan hanya di rumah saja. Hal ini berarti akan minim lingkungan medis dan dikhawatirkan kalau terjadi sesuatu akan terlambat untuk ditangani rumah sakit.

Syarat Melakukan Metode Gentle Birth

Ketika Mama ingin melakukan metode gentle birth saat persalinan, ada beberapa syarat yang perlu Mama penuhi seperti makan makanan yang sehat, Mama harus rileks dan tidak stress, suasana kamar bersalin hening dan hanya ditemani orang terdekat, dan mempersiapkan diri sejak masa kehamilan.

Bagi Mama dengan kehamilan yang sehat dan tidak bermasalah, metode gentle birth ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan karena merupakan salah satu metode melahirkan yang aman, nyaman, dan tenang. Gimana, Ma? Sudah siap untuk menggunakan metode gentle birth? Semoga informasi ini berguna bagi mama! Stay healthy, Ma!

Writer: Anisa Luana

Editor: Mega Pratidina

Sumber:

The Gentle Birth Method (gentlebirthmethod.com)

The gentle birth method (madeformums.com)

Mengenal Gentle Birth, Metode untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan (hellosehat.com)

Gentle birth method (triyoga.co.uk)

WHAT IS A “GENTLE BIRTH” AND HOW TO HAVE ONE (amandagriffinjacob.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.